Remaja Perempuan Palembang Coba Akhiri Hidup dengan Menenggak Obat

Perempuan berusia 23 tahun ini ditemukan lemas di kamar kos

Palembang, IDN Times - Seorang perempuan berinisial AV (23) asal Purworejo, Jawa Tengah, mencoba melakukan bunuh diri. Korban melakukan perbuatannya dengan menenggak berbagai macam obat-obatan. Upaya percobaan bunuh diri ini berhasil digagalkan aparat kepolisian Polrestabes Palembang dengan mendobrak pintu indekos korban.

"Korban saat itu mengurung diri di dalam kamar kos. Setelah meminta izin dari pemilik kos, kami langsung mendobrak pintu kamarnya dan menemukan korban sudah lemas," ungkap Kanit Hunter Reborn Presisi Polrestabes Palembang, Ipda Roland, Kamis (2/11/2023).

Baca Juga: Dua Kurir Pembawa 32 Kg Sabu ke Palembang Diupah Rp10 juta

1. Korban langsung dievakuasi ke RS

Remaja Perempuan Palembang Coba Akhiri Hidup dengan Menenggak ObatKorban AV saat dievakuasi ke RS oleh Polisi (Dok: istimewa)

Menurut Roland, pihaknya mendatangi indekos korban pukul 01.00 WIB. Pihaknya segera mengevakuasi terhadap korban ke rumah sakit untuk diobati.

"Perempuan ini berasal dari Purworejo tapi bekerja di Palembang," jelas dia.

Baca Juga: Perempuan di Banyuasin Ajak Pria Lain Masuk Rumah Saat Suami Kerja

2. Polisi mendalami motif korban

Remaja Perempuan Palembang Coba Akhiri Hidup dengan Menenggak ObatIlustrasi Bunuh Diri (IDN Times/Arief Rahmat)

Roland menyebut, pihaknya belum dapat memastikan penyebab korban mencoba mengakhiri hidup. Korban nekat mengakhiri hidup dengan menegak obat-obatan.

"Sejauh ini kami belum bisa memastikan motifnya, karena yang bersangkutan belum bisa dimintai keterangan dan masih dirawat," jelas dia.

3. Teman korban sempat dihubungi pihak keluarga

Remaja Perempuan Palembang Coba Akhiri Hidup dengan Menenggak ObatIlustrasi bunuh diri (Dok.IDN Times)

Rekan korban, Imran mengatakan, AV diketahui sudah dua hari tidak masuk kerja tanpa keterangan. Bahkan pihak keluarga sempat menanyakan keadaan korban.

"Keluarganya bilang AV ini mau bunuh diri jadi saya ke kosannya. Sampai di sana, dipanggil tidak ada jawaban," jelas dia.

Karena merasa ada yang janggal, Imran melaporkan kejadian itu kepada pihak keluarga AV. Keluarga AV pun menghubungi polisi untuk meminta evakuasi.

"Saya juga tidak tahu permasalahannya apa sampai seperti ini," tutup dia.

4. Mari bersama cegah bunuh diri

Remaja Perempuan Palembang Coba Akhiri Hidup dengan Menenggak ObatIlustrasi Bunuh Diri (IDN Times/Mardya Shakti)

Bunuh diri merupakan masalah kesehatan jiwa serius yang sering diabaikan masyarakat. Jika kamu membutuhkan pertolongan atau mengenal seseorang yang membutuhkan bantuan, kamu bisa menghubungi layanan konseling pencegahan bunuh diri, di nomor telepon gawat darurat (emergency) hotline (021) 500–454 atau 119, bebas pulsa.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, saat ini sudah terdapat lebih dari 3.000 Puskesmas yang memiliki layanan kesehatan jiwa. Kamu bisa menghubungi atau langsung mendatangi Puskesmas terdekat untuk mengetahui apakah mereka melayani kesehatan jiwa. Bagi pemegang BPJS, konsultasi kejiwaan di Puskesmas tidak dikenakan biaya alias gratis. Jika belum memiliki BPJS, kamu tetap bisa berkonsultasi dengan biaya administrasi sebesar Rp5.000.

Selain itu, Kemenkes RI juga menyiapkan 5 RS jiwa rujukan yang dilengkapi dengan layanan konseling kesehatan jiwa dan pencegahan bunuh diri. RS jiwa tersebut ialah:

RSJ Amino Gondohutomo Semarang, nomor telepon (024) 6722565
RSJ Marzoeki Mahdi Bogor, nomor telepon (0251) 8324024, 8324025, 8320467
RSJ Soeharto Heerdjan Jakarta, nomor telepon (021) 5682841
RSJ Prof Dr Soerojo Magelang, nomor telepon (0293) 363601
RSJ Radjiman Wediodiningrat Malang, nomor telepon (0341) 423444

NGO Indonesia pencegahan bunuh diri:
Jangan Bunuh diritelp: (021) 9696 9293email: janganbunuhdiri@yahoo.com
Organisasi INTO THE LIGHTmessage via page FB: Into The Light Indonesia (@IntoTheLightID)direct message via Twitter: @IntoTheLightID
Kementrian Kesehatan Indonesiatelp: (021) 500454

Baca Juga: Dua Kurir Pembawa 32 Kg Sabu ke Palembang Diupah Rp10 juta

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya