Putri Akidi Tio Kembali Dilaporkan Seorang Dokter Soal Investasi

Total uang investasi dokter tersebut mencapai Rp2,3 miliar

Palembang, IDN Times - Rekan putri bungsu Akidi Tio, dr Siti Mirza Muria, membuat laporan ke Polda Sumsel pada 3 Agustus 2021 lalu. Ia membuat laporan ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) soal dugaan penipuan dan penggelapan yang dilakukan Heriyanti. Laporan tersebut tercatat dengan nomor perkara LP/B/704/VIII/2021/SPKT/Polda Sumsel. 

Saat dikonfirmasi, Siti belum membenarkan laporan tersebut. Dirinya hanya mengaku jika laporan tersebut hanya bersifat koordinasi sekaligus konsultasi mengenai kerugian yang ia derita.

"Baru konsultasi saja, belum saya tanda tangani," ungkapnya, Jumat (6/8/2021).

1. Duduk perkara berawal dari investasi

Putri Akidi Tio Kembali Dilaporkan Seorang Dokter Soal InvestasiRudi Sutadi dan Heriyanti saat keluar gedung Widodo Budidarmo Polda Sumsel (IDN Times/Rangga Erfizal)

Dalam laporan tersebut diketahui jika permasalahan antara Heriyanti dengan Siti Mirza Muria terjadi pada Mei 2019 lalu. Heriyanti menawarkan Siti Mirza untuk menanamkan modal di usaha miliknya. Siti pun dijanjikan keuntungan 10 hingga 12 persen.

Karena tertarik, Siti Mirza menanamkan modal sebesar Rp400 juta. Pada awal bisnis, keuntungan yang diberikan oleh Heriyanti diberikan sesuai penjelasan. Lalu dirinya menambah uang Rp200 juta.

Selama enam bulan, Siti Mirza mengaku tak pernah ada masalah dalam pembagian keuntungan. Barulah saat Januari 2020, pembayaran mulai macet. Padahal uang yang telah diserahkan Siti Mirza kepada Heriyanti sudah mencapai Rp1,8 miliar. 

"Saya sebagai korban, uang saya kan hilang," ungkap dia.

Baca Juga: Kasus Rp2 Triliun Akidi Tio Berlanjut, Kejiwaan Heriyanti Diperiksa

2. Total kerugian Rp2,3 miliar

Putri Akidi Tio Kembali Dilaporkan Seorang Dokter Soal InvestasiAmbulans siaga di depan rumah anak Akidi Tio (IDN Times/Rangga Erfizal)

Siti pun meminta kepada Heriyanti untuk mengembalikan uang yang sudah diinvestasikan tersebut. Sekitar Maret 2020, Heriyanti justru meminjam uang sebesar Rp500 juta kepada Siti Mirza untuk membayar pajak kendaraan ekspedisi.

Total uang Siti Mirza sekitar Rp2,3 miliar. Namun Siti Mirza berencana mencabut laporannya tersebut di Polda Sumsel.

"Dia sedang dalam keadaan susah secara finansial dan sering sakit-sakitan. Jangan menambah beban orang yang sedang terpuruk," jelas dia.

Baca Juga: Nama Kepala Dinkes Ikut Terseret Sebagai Penghubung Keluarga Akidi

3. Polda buka posko pelaporan kasus Heriyanti

Putri Akidi Tio Kembali Dilaporkan Seorang Dokter Soal InvestasiDirektur Ditreskrimum Polda Sumsel Kombes Pol Hisar Siallagan (IDN Times/istimewa)

Sebelumnya, Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumsel membuka posko pengaduan masyarakat mengenai dugaan penipuan yang dilakukan Heriyanti, putri mendiang Akidi Tio.

"Kita membuka Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), apabila ada korban yang merasa dirugikan Heriyanti silakan melapor ke Polda Sumsel," ungkap Dirkrimum Polda Sumsel, Kombes Pol Hisar Siallagan, Selasa (3/8/2021).

Baca Juga: Polisi Buka Posko Pengaduan Jika Pernah Ditipu Putri Akidi Tio

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya