Comscore Tracker

PSBB Palembang Baru Dicabut 3 Hari, Pasien Positif Naik 153 Orang

Kasus aktif di Sumsel 875 orang

Palembang, IDN Times - Baru tiga hari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dicabut oleh Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo, namun selama itu juga pasien positif sudah berjumlah 153 orang. Sehingga total positif COVID-19 di Palembang sudah mencapai 1.087 kasus.

Sedangkan kasus sembuh di Palembang baru mencapai 336 orang, dan kasus meninggal dunia tercatat sudah mencapai 45 orang. Total pasien positif yang aktif saat ini mencapai 706 orang.

"Angka penularan effective reproduction number (RT) di Sumsel masih di atas angka satu. Walau PSBB dicabut, kita harus melaksanakan protokol kesehatan," ujar Ahli Epidemiologi Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya (Unsri), Dr. Iche Andriyani Liberty saat konferensi pers, Jumat (19/6).

1. Gugus tugas ingatkan masyarakat tetap patuhi protokol kesehatan

PSBB Palembang Baru Dicabut 3 Hari, Pasien Positif Naik 153 OrangPoto pelanggar PSBB di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Pencabutan PSBB akan berjalan baik jika masyarakat mematuhi aturan dengan menjaga physical distancing, dan tetap memakai masker agar tidak tertular dari orang lain yang dikhawatirkan membawa virus.

"Kapasitas pemeriksaan kita saat ini meningkat, tracing-nya juga dilakukan secara masif. Tapi masyarakat jangan longgar meski ada pemberlakuan new normal," jelas dia.

Baca Juga: Pasien Positif COVID-19 di PALI Kabur Lewat Plafon

2. Kasus pasien positif aktif di Sumsel sudah 875 orang

PSBB Palembang Baru Dicabut 3 Hari, Pasien Positif Naik 153 OrangSuasana PSBB di Kota Palembang titik Poin Pasar Cinde (IDN Times/Rangga Erfizal)

Secara keseluruhan di wilayah Sumsel jumlah, pasien positif per hari ini bertambah 84 orang. Mereka berasal dari Palembang sebanyak 78 orang, PALI dua orang, ditambah satu orang masing-masing dari Banyuasin, Mura, Empat Lawang dan Muara Enim.

Pada kasus sembuh, terjadi penambahan 29 orang yang didominasi asal Palembang dengan total 28 orang, serta OKU Selatan satu orang.

"Meninggal juga bertambah satu orang dari Palembang. Sehingga seluruh Sumsel total ada 66 orang. Sejauh ini pasien positif aktif di Sumsel ada 875 orang," jelas dia.

3. Kasus ODP dan PDP hari ini

PSBB Palembang Baru Dicabut 3 Hari, Pasien Positif Naik 153 OrangSuasana PSBB di Kota Palembang titik Poin Pasar Cinde (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sedangkan untuk orang dalam pantauan (ODP) berjumlah 7.842 orang, sudah selesai pemantauan 6.014 orang dan 1.828 orang masih dalam proses pemantauan. Kasus pasien dengan pengawasan (PDP) ada 834 orang, selesai pengawasan 371 orang dan masih dalam proses 463 orang.

"Menyongsong new normal, masyarakat harus disiplin menerapkan protokol kesehatan agar tidak ada lonjakkan. Tetap pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, hindari kerumunan, makan makanan bergizi, olahraga, dan istirahat yang cukup agar meningkatkan imunitas," jelas dia.

Baca Juga: Sesuaikan Zona Oranye, Sekda Palembang Atur ASN Bekerja Setengah Hari

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya