Polres Musi Rawas Ungkap Komplotan Pencuri Libatkan Anak di Bawah Umur

Tertangkap usai satroni toko kelontong

Musi Rawas, IDN Times - Kapolres Musi Rawas (Mura), AKBP Efrannedy bersama jajaran, berhasil mengungkap kasus pencurian dengan pemberatan atau curat. Dua dari tiga orang komplotan ini ternyata masih di bawah umur yakni DH (17) dan DA (17).

"Mereka adalah komplotan yang kerap beraksi di Mura. Mereka tidak hanya melakukan pencurian kendaraan bermotor saja, melainkan ikut mencuri di sebuah toko. Saat ini baru tiga orang yang sudah kita tangkap, dua orang lagi masih dalam daftar DPO," ujar Efranedy, Senin (22/6).

1. Tertangkap usai menguras isi toko

Polres Musi Rawas Ungkap Komplotan Pencuri Libatkan Anak di Bawah UmurTiga tersangka dibekuk (IDN Times/Polres Mura)

Ketiga tersangka beraksi sebelum ditangkap pada Jumat (19/6) lalu, dengan membobol sebuah toko di Dusun 1 Desa Widodo, Kecamatan Tugumulyo, Mura. Mereka berhasil menggasak barang berharga di toko tersebut seperti handphone dan satu karung berisi rokok.

"Pemilik toko mengalami kerugian hingga Rp20 juta akibat aksi para komplotan itu. Setelah mendapat laporan, tim langsung bergerak mengejar para tersangka," ujar dia.

Baca Juga: Pengusaha Tempe di Palembang: Penurunan Produksi Terparah Sejak 1990

2. Sudah delapan motor dicuri para pelaku sejak awal tahun

Polres Musi Rawas Ungkap Komplotan Pencuri Libatkan Anak di Bawah Umurilustrasi. (IDN TImes/Sukma Shakti)

Tim yang bergerak berhasil menangkap dua orang tersangka atas nama Anggun Al Mukti (21) dan DH pada Sabtu (20/6). Mereka tidak berkutik saat kepolisian menangkap keduanya. Setelah dilakukan pengembangan, tertangkap lagi pelaku lain berinisial DA, sedangkan dua orang lagi masih dalam pencarian. 

Dari hasil pemeriksaan, diketahui jika komplotan ini sudah sering mencuri sepeda motor. Bahkan dari catatan ada delapan motor berbagai merek yang telah mereka bawa kabur sejak awal tahun.

"Lokasi pencurian berbeda-beda meski masih di dalam kawasan Mura. Total ada delapan motor," ujar dia.

3. Polisi imbau masyarakat dan buru DPO

Polres Musi Rawas Ungkap Komplotan Pencuri Libatkan Anak di Bawah UmurIlustrasi pencuri (Pixabay.com)

Saat ini kepolisian di Mura terus mengejar dua orang lagi komplotan tersangka atas nama Hari dan Mandau. Mereka diketahui spesialis pencuri kendaraan bermotor yang kerap meresahkan warga Mura.

"Kami dari Polres Mura mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati, karena kejahatan sering terjadi disebabkan ada kesempatan," tutup dia.

Baca Juga: Pasar Jadi Klaster Penyebaran COVID-19, Pakar: Tak Belajar dari Wuhan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya