Polda Sumsel Bekuk Pelaku Begal Mobil di Palembang

Seluruh Akseori Pajero Dakar pun dipreteli oleh pelaku

Palembang, IDN Times - Unit II Subdit 3 dari Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumsel, bergerak cepat menangkap satu dari dua orang pelaku begal mobil di Palembang, usai korbannya Surati (37) melapor ke Polda Sumsel, Selasa (30/6) lalu.

Korban diborgol oleh kedua pelaku yang mengaku sebagai anggota Polisi, dan mengambil mobil korban jenis Pajero Dakar beserta barang berharga lainnya.

"Tersangka Usman (46) berhasil kita amankan setelah mendeteksi handphone milik korban yang dibawa. Tim langsung bergerak menangkapnya di daerah Keramasan, Kertapati. Sementara pelaku Rustam (DPO) masih kita buru," ungkap Kasubdit 3 Jatanras Ditres Krimum Polda Sumsel, Kompol Suryadi, Rabu (1/6).

1. Tersangka DPO diminta serahkan diri

Polda Sumsel Bekuk Pelaku Begal Mobil di PalembangTersangka Usman diamankan (IDN Times/Istimewa)

Kedua tersangka melihat korban tengah berkendara sendirian di Jalan Soekarno Hatta Palembang sekitar pukul 11.30 WIB. Saat itu, korban diminta oleh kedua tersangka memberhentikan mobil untuk diperiksa. Pelaku Rustam yang melihat korban langsung menyuruhnya berhenti.

Korban langsung menurunkan kaca mobilnya dan membuka pintu mobil. Sedangkan pelaku Rustam langsung menyuruh tersangka Usman untuk memborgol korban.

"Kami minta Rustam segera menyerahkan diri jika tidak akan kami tindak tegas," tegas Suryadi.

Baca Juga: Sejarah Polri, Nama Bhayangkara Gajah Mada dan Kisah Markas Trunojoyo

2. Kedua tersangka mengaku sebagai polisi

Polda Sumsel Bekuk Pelaku Begal Mobil di PalembangKorban saat melapor ke SPKT Polda Sumsel (IDN Times/Istimewa)

Korban yang tangannya terikat borgol sempat dibawa tersangka Rustam dan diturunkan di Jalan Irigasi, atau masih di sekitar kawasan Jalan Soekarno Hatta. Dirinya diminta menunggu anggota kepolisian dari Polsek untuk diperiksa. Sedangkan Rustam langsung membawa mobil Pajero bewarna putih tersebut pergi. Usman yang berkendara roda dua mengikuti laju mobil.

"Saya sempat bicara dengan korban saat ibu itu diturunkan, 'Ibu diam saja di sini nanti ada anggota dari Polsek yang akan menjemput ibu'. Lalu mobil dibawa oleh Rustam ke kawasan kKeramasan sedangkan saya bawa motor," jelas Usman.

3. Mobil korban dipreteli untuk di jual

Polda Sumsel Bekuk Pelaku Begal Mobil di PalembangMobil milik korban (IDN Times/istimewa)

Menurut Usman, mobil yang dikendarai Rustam itu rencananya akan dijual ke penadah. Hanya saja saat baru sampai Keramasan, mobil itu mati dan tidak bisa dihidupkan. Sang penadah meminta kedua tersangka mencopot semua aksesori kendaraan agar bisa dijuak.

"Rustam bertugas mempreteli mobil itu. Kalau HP korban saya jual di kawasan Keramasan dengan harga Rp800 ribu, dan uangnya untuk beli sabu," tutup pelaku.

Baca Juga: Oknum ASN Ditangkap Polisi, Ketahuan Palsukan Hasil Rapid Test

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya