Comscore Tracker

Pimpinan DPRD Sumsel Janji Kirim Mahasiswa Ke Jakarta 

Masa menyambut baik niat pimpinan dewan

Palembang, IDN Times - Demonstrasi keempat di Sumatra Selatan (Sumsel) berakhir damai, Senin (12/10/2020). Mahasiswa berhasil menemui pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumsel, RA Anita Noeringhati beserta Wakil, Muchendi dan Kartika Sandra Desi, turun menemui mahasiswa.

Meski terhalang kawat berduri yang dipasang oleh aparat kepolisian, pimpinan DPRD Sumsel bersama mahasiswa masih dapat berdialog. Pimpinan DPRD Sumsel bahkan menandatangani tuntutan mahasiswa, dan berjanji akan memberangkatkan mereka ke Jakarta untuk menyampaikan aspirasi.

"Hasil aksi hari ini yakni tuntutan kami kepada pimpinan DPRD untuk mendukung dan memfasilitasi gerakan Aliansi Mahasiswa Sumsel ke DPR RI dan Istana Presiden. Kami menuntut pembatalan Undang-Undang (UU) Omnibus Law Cipta Kerja," ungkap Koordinator Lapangan Aliansi Mahasiswa Sumsel, Andi Leo, Senin (12/10/2020).

1. Surat penolakan akan dikirim ke Presiden dan DPR RI

Pimpinan DPRD Sumsel Janji Kirim Mahasiswa Ke Jakarta Aksi demonstrasi ke empat di Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Andi juga menilai, janji anggota dewan ini dianggap sebagai kemenangan awal mahasiswa dalam perjuangan pembatalan UU Cipta Kerja. Pihaknya meminta DPRD Sumsel mengawal agar surat tersebut bisa diterima Presiden Joko "Jokowi" Widodo serta DPR RI.

"Jangan sampai DPRD Sumsel kembali mengecewakan mahasiswa, jika surat sudah dikirim pimpinan dewan baru kami akan berangkat ke Jakarta," ujar dia.

Baca Juga: 4 Kali Demo Tolak UU Cipta Kerja Palembang, Polisi Tangkap 500 Orang  

2. Mahasiswa siapkan tiga bus

Pimpinan DPRD Sumsel Janji Kirim Mahasiswa Ke Jakarta Koordinator Lapangan Aliansi Mahasiswa Sumsel, Andi Leo (yang menggunakan tanjak) (IDN Times/Rangga Erfizal)

Rencana ke Jakarta bakal menunggu masa reses yang dimulai pekan ini. Diharapkan pekan depan rombongan perwakilan mahasiswa  bisa berangkat ke Jakarta untuk menyampaikan tuntutannya ke Jakarta.

"Kami akan berangkat dua hingga tiga bus yang dijanjikan oleh anggota DPRD Sumsel," jelas dia.

Baca Juga: Sepakat Setop Demo, Mahasiswa Dijanjikan Protes UU ke Jakarta 

3. DPRD Sumsel cari solusi untuk berangkatkan mahasiswa

Pimpinan DPRD Sumsel Janji Kirim Mahasiswa Ke Jakarta Tiga pimpinan DPRD Sumsel, saat menemui mahasiswa (IDN Times/Rangga Erfizal)

Kedua DPRD Sumsel, RA Anita Noeringhati yang mendatangi mahasiswa menyatakan, pihaknya siap memfasilitasi mahasiswa untuk pergi ke Jakarta memperjuangkan aspirasinya menolak UU Omnibus Law.

"Sebenarnya DPRD Sumsel tidak punya anggaran untuk itu, tapi karena tanggung jawab kita sebagai representasi masyarakat maka kita akan cari solusi," tutup dia.

Baca Juga: Bocah Riang Main Bola di Tengah Blokade Jalan Simpang 5 DPRD Sumsel 

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya