Pihak RSMH Palembang Nyatakan Hasil Lab Pasien Terduga Corona Negatif

Pasien mengalami pneumonia atau radang paru-paru akut  

Palembang, IDN Times - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Mohammad Hoesin Palembang akhirnya merilis hasil laboratorium dari pasien atas nama THO (62), yang sebelumnya diduga mendapat perawatan terpapar gejala virus Corona. 

“Dari hasil pemeriksaan lab, memang negatif virus Corona. Bapak tersebut (pasien) tidak terkena infeksi Corona. Untuk penanganan selanjutnya kita serahkan ke tim RSMH untuk penanganan selanjutnya,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesty Nuarainy, Senin (24/2). 

1. Pasien terkena radang paru-paru akut

Pihak RSMH Palembang Nyatakan Hasil Lab Pasien Terduga Corona NegatifKepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesty (IDN Times/Rangga Erfizal)

Lesty mengungkapkan, pasien THO sendiri mengalami pneumonia atau radang paru-paru akut dan saat ini masih mendalami perawatan. Bila nanti pasien dinyatakan sudah sehat, baru bisa keluar dari rumah sakit.

"Pihak keluarga juga sudah menghubungi terkait hasil lab, karena yang bersangkutan di tempatkan di ruang isolasi. Anak dari pasien selalu menghubungi saya menunggu kepastian selanjutnya. Keluarga pasien selalu bertanya kapan bebas dari ruang isolasi,” ungkap dia.

2. Dinkes Sumsel menyarankan pola hidup sehat untuk menghindari terjangkitnya virus

Pihak RSMH Palembang Nyatakan Hasil Lab Pasien Terduga Corona NegatifKepala Dinas Pendudikan Sumsel, Lesty (IDN Times/Rangga Erfizal)

Lesty menerangkan, dari catatan Dinkes Susmel pada Desember 2019, virus Corona sudah menginfeksi lebih dari 8.811 jiwa. virus tersebut sangat cepat menyebar dari orang yang terpapar dari satu orang ke orang lain.

"Meski di Sumsel belum ada penderita virus vorona, namun masyarakat diminta tetap waspada. Penting untuk menjaga kesehatan, menerapkan pola hidup sehat, istirahat yang cukup, perbanyak minum air putih, dan terpenting hindari kontak langsung dengan orang yang baru saja berpergian dari negara yang terjangkit,” terang dia.

Baca Juga: RSMH Palembang Sebut Pasien Tak Terjangkit Corona, tapi Diisolasi  

3.BBLK ambil sampel sampai dua kali untuk memastikan negatif corona

Pihak RSMH Palembang Nyatakan Hasil Lab Pasien Terduga Corona NegatifPress Rilis pasien terjangkit Corona di RSMH Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Balai Besar Lab Kesehatan (BBLK) Palembang, dr Lisa Dewi menjelaskan, pemeriksaan terhadap pasien dilakukan dua kali, untuk memastikan hasil negatif di tubuh pasien.

“Kita lakukan pemeriksaan pada Senin 17 Februari 2020, hasilnya keluar Kamis 20 Februari 2020. Lalu kita ambil lagi hari Jumat, dan Senin ini keluar negatif lagi,” jelas dia.

"Pengambilan sampel lab tidak hanya dari darah, pihak BBLK juga mengambil sampel di dahak pasien, dengan memasukkan kapas lidi lewat tenggorokan dan hidungnya,” tandas dia.

4. Pasien THO sudah dinyatakan sehat dan segera keluar dari RSMH

Pihak RSMH Palembang Nyatakan Hasil Lab Pasien Terduga Corona NegatifKepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesti (IDN Times/Rangga Erfizal)

Ketua tim Penyakit Infeksi Emerging (PIE) RSMH Palembang, dr Zen Ahmad mengatakan, pasien THO memang mengalami radang paru-paru Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Tim dokter juga langsung melakukan observasi dari awal pasien di rujuk ke RSMH dan menduga bila pasien tidak terkena dampak virus corona.

“Beberapa hari ke depan pasien akan diizinkan pulang, karena dinyatakan sudah sehat oleh tim dokter. Kondisi pasien sekarang sudah bisa makan, tidur dan mulai membaik," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya