Petugas Kargo Bandara SMB II Palembang Temukan 2 Kilo Ganja 

Ganja dikirim bersama oleh-oleh Palembang ke bandara Soetta

Palembang, IDN Times - Petugas kargo bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang menggagalkan pengiriman narkotika jenis ganja. Penyelundupan ganja tersebut dilakukan lewat kargo tujuan Bandara Soekarno-Hatta.

"Total ada dua kilogram (ganja) tujuan Cengkareng. Barang bukti sudah diamankan dan diserahkan ke Polda Sumsel," ungkap Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang, Kolonel Pnb Sigit Gatot Prasetyo, Jumat (21/10/2022).

Baca Juga: 4 Anggota Polres Lubuk Linggau Terlibat Narkoba Dipecat Tidak Hormat

1. Ada tiga bungkus ganja yang ditemukan

Petugas Kargo Bandara SMB II Palembang Temukan 2 Kilo Ganja Barang bukti ganja yang diselundupkan dengan oleh-oleh Palembang (Dok: istimewa)

Sigit menjelaskan, ganja tersebut diselundupkan lewat makanan. Pengirimnya memasukkan tiga bungkus ganja ke dalam kotak berisi kerupuk, atau kemplang Palembang untuk mengelabui petugas kargo.

Saat proses pemeriksaan x-ray, petugas menemukan kecurigaan dan membongkar isi di dalamnya. Saat itu, petugas menemukan tiga bungkus ganja berukuran besar, sedang, dan kecil.

"Petugas menemukan kecurigaan saat screening barang sehingga perlu dilakukan pemeriksaan," ujar dia.

Baca Juga: Polda Sumsel Ringkus 31 Kurir Narkoba Sepanjang Oktober 2022

2. Paket tak memiliki nama penerima dan pengirim

Petugas Kargo Bandara SMB II Palembang Temukan 2 Kilo Ganja Ilustrasi daun ganja. (IDN Times/Arief Rahmat)

Saat diperiksa, kotak berisi makanan dan ganja itu tak memiliki alamat penerima, hanya didapatkan nama pengirim. Petugas masih menelusuri pemilik paket tersebut.

"Kepada stakeholder pengiriman paket, tolong diwaspadai paket yang tidak jelas. Jangan sampai tidak ada alamat lengkapnya sehingga proses tracing data akan lebih baik," jelas dia.

3. Barang bukti diserahkan ke Mapolda Sumsel

Petugas Kargo Bandara SMB II Palembang Temukan 2 Kilo Ganja ilustrasi daun ganja (IDN Times/Arief Rahmat)

Sejauh ini beberapa petugas kargo dan perusahaan pengiriman telah diperiksa untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Polda Sumsel pun melakukan penyelidikan dari temuan tersebut.

"Untuk masyarakat, hindari pengiriman barang terlarang. Kita menjaga generasi muda dari barang-barang terlarang seperti narkoba," tutup dia.

Baca Juga: Modus Baru Jual Narkoba Gunakan Kotak Pempek Kelabui Petugas

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya