Penyidik Polda Sumsel Periksa Anak Akidi Tio yang Lain di Jakarta

Polisi masih mendalami motif bantuan fiktif Rp2 triliun

Palembang, IDN Times - Tim penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumatra Selatan (Sumsel), diterbangkan ke Jakarta khusus melakukan pemeriksaan terhadap saudara kandung Heriyanti. Kasus dana hibah Rp2 triliun terus berlanjut untuk mencari tahu motif uang fiktif tersebut.

"Tim pergi ke Jakarta memeriksa adik beradiknya. Ada sekitar 4-5 orang yang akan kita periksa hari ini," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi, Jumat (6/8/2021).

1. Penyidik mencari tahu motif hibah fiktif

Penyidik Polda Sumsel Periksa Anak Akidi Tio yang Lain di Jakartapemeriksaan kesehatan di rumah anak Akidi Tio (IDN Times/Rangga Erfizal)

Dari saudara-saudara Heriyanti, penyidik akan mencari motif dirinya menjanjikan uang bantuan bagi masyarakat Sumsel yang terdampak pandemik. Apalagi bantuan fiktif itu membuat kegaduhan karena jumlahnya yang fantastis.

"Tetap progres pemeriksaan terus kita lakukan. Saksi-saksi kita kumpulkan untuk menggali motif, selain itu kita masih menunggu hasil pemeriksaan kejiwaannya," jelas dia.

Baca Juga: Putri Akidi Tio Kembali Dilaporkan Seorang Dokter Soal Investasi

2. Hasil PCR Heriyanti dinyatakan negatif

Penyidik Polda Sumsel Periksa Anak Akidi Tio yang Lain di JakartaAmbulans siaga di depan rumah anak Akidi Tio (IDN Times/Rangga Erfizal)

Kondisi kesehatan Heriyanti dalam beberapa hari terakhir terus menurun. Dirinya mengaku sesak napas dan membutuhkan bantuan tabung oksigen. Namun dari pemeriksaan Tim kedokteran RS Bhayangkara Palembang, kondisi kesehatannya dianggap normal tanpa hal yang mengkhawatirkan.

"Dari hasil tes PCR juga Heriyanti negatif, hari ini sudah dilaporkan oleh Kepala Dinkes. Tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat akan kita periksa lagi," ungkap dia.

3. Tunggu surat balasan PPATK dan BI

Penyidik Polda Sumsel Periksa Anak Akidi Tio yang Lain di JakartaKabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi dan Direktur Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumsel, Kombes Pol Hisar Siallagan (IDN Times/Rangga Erfizal)

Polda Sumsel juga masih menunggu surat balasan dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan Bank Indonesia (BI). Polda Sumsel menunggu hasil penelusuran uang milik mendiang Akidi Tio.

"Surat sudah masuk, cuma belum ada balasan ataupun konfirmasi lanjutan," ujar dia.

Baca Juga: Nama Kepala Dinkes Ikut Terseret Sebagai Penghubung Keluarga Akidi

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya