Pemprov Sumsel Desak BPN Cabut HGU Pasar Cinde dari Investor Lama

Pemprov Sumsel ambil alih revitalisasi Pasar Cinde

Palembang, IDN Times - Proyek pembangunan Pasar Cinde kembali menghadapi permasalahan. Setelah Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan (Pemprov Sumsel) mencabut kontrak revitalisasi, kini Pasar Cinde dihadapkan masalah Hak Guna Usaha (HGU) yang masih dimiliki PT Aldiron sebagai investor.

Gubernur Sumsel, Herman Deru mengungkapkan, HGU yang masih dimiliki Aldiron harus dikembalikan ke Pemprov Sumsel agar proyek revitalisasi Pasar Cinde bisa dilanjutkan.

"Saat ini kami sedang meminta BPN membatalkan HGU yang telah dikeluarkan untuk pengembang," ungkap Deru, Kamis (18/8/2022).

Baca Juga: Gubernur Sumsel Cabut Kontrak Proyek Mangkrak di Pasar Cinde

1. Deru pertanyakan perpindahan aset pemprov

Pemprov Sumsel Desak BPN Cabut HGU Pasar Cinde dari Investor LamaPembangunan kembali kawasan pasar cinde Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sejak Pasar Cinde berdiri sebagai pusat perdagangan di Sumsel, bangunan dan tanah kawasan itu tercantum sebagai aset pemerintah. Namun dirinya mengaku heran setelah HGU tersebut dikelola oleh investor.

Pemprov Sumsel kata Deru, bakal mengamankan aset tersebut dan membatasi investor hanya untuk hak mengelola.

"Kenapa HGU dinamakan oleh investor saat ini? Saya tidak mengerti sistem Build Operate Transfer (BOT) apa," beber dia.

Baca Juga: Riwayat Kawasan Cinde: Makam, Lokasi Perang dan Apartemen

2. Pemprov Sumsel siap bangun ulang Pasar Cinde

Pemprov Sumsel Desak BPN Cabut HGU Pasar Cinde dari Investor LamaPembangunan pasar Cinde Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Deru pun menjelaskan, pembangun Pasar Cinde akan dimatangkan pihaknya dan mulai dibangun lagu tahun depan menggunakan anggaran pemerintah. Namun Deru masih menunggu BPN untuk mencabut status HGU Aldiron.

"Perencanaan sudah matang. Kalau urusan itu sudah jelas, baru kita lanjutkan," beber dia.

3. PU Perkim siapkan APBD untuk Pasar Cinde

Pemprov Sumsel Desak BPN Cabut HGU Pasar Cinde dari Investor LamaGubernur Jabar Ridwan Kamil meninjau Pasar Cinde (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sebelumnya, Kepala Dinas PU Perkim Sumsel, Basyarudin Ahkmad mengatakan, proyek revitalisasi Pasar Cinde akan berlanjut dengan konsep awal. Pihaknya akan menambah sentuhan arsitektur terbaru untuk mempercantik desain awal yang sudah ada.

"Tetap mengembalikan kembali warisan sejarahnya, dan memadukan dengan konsep modern yang dipadukan dengan sky bridge menuju Pasar Cinde," jelas dia.

Pedagang Pasar Cinde yang sudah menanti pembangunan sejak 2016 lalu, sudah dialokasikan ke luar pasar sambil menunggu pembangunan dilanjutkan. Pada konsep awal Pasar Cinde akan menjadi Central Bussiness District di kota Palembang.

"Kita sudah kalkulasikan anggaran untuk pembangunan Pasar Cinde hingga memakan dana Rp250 miliar. Selanjutnya kita akan berkoordinasi dengan pedagang yang sudah lama menanti," tutup dia.

Baca Juga: Palembang Anggarkan Rp4,8 Miliar Pasang 777 Lampu Jalan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya