Pemprov Sumsel Ajukan Formasi ASN dan PPPK Hingga 6.138 Orang

Mayoritas untuk tenaga pendidik, kesehatan, dan teknis

Intinya Sih...

  • Pemprov Sumsel mengajukan 6.138 formasi untuk ASN dan PPPK dalam format penerimaan CPNS 2024.
  • Formasi mayoritas untuk tenaga pendidik, kesehatan, dan teknis, serta dibuka sesuai hasil analisa jabatan, pekerjaan, dan anggaran.
  • Pemprov Sumsel menunggu aturan lanjutan dari Kemenpan RB terkait formasi ASN, yang bisa dilakukan penerimaan pegawai sebanyak tiga kali dalam setahun.

Palembang, IDN Times - Pemprov Sumsel mengajukan 6.138 formasi untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dalam format penerimaan CPNS 2024. Pembukaan CPNS dan tenaga PPPK tahun ini mayoritas untuk tenaga pendidik.

"Kita mengajukan formasi 6.138 ASN, ada PNS tapi mayoritas PPPK. Formasi itu terdiri dari tenaga guru, tenaga kesehatan, dan teknis," ungkap Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumsel, Ismail Fahmi, Jumat (9/2/2024).

Baca Juga: Guru Honorer Palembang Kecewa Seleksi PPPK Wajib Lulusan Pendidikan

1. Buka lowongan untuk tenaga teknis

Pemprov Sumsel Ajukan Formasi ASN dan PPPK Hingga 6.138 OrangPegawai ASN Palembang (IDN Times/Dok. Kominfo Palembang)

Menurut Ismail, kuota tersebut dibuka untuk pegawai di lingkungan Pemprov Sumsel yang menyesuaikan dengan hasil analisa jabatan, pekerjaan, dan anggaran. Pihaknya pun mengatakan, pengajuan PPPK dilakukan untuk mengatasi masalah tenaga honorer.

"Semoga nanti tinggal beberapa ribu saja honorer di Pemprov Sumsel. Untuk jumlah kebutuhan seperti guru, silakan tanya dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel. Selama ini tenaga guru sudah prioritas, kemungkinan tenaga teknis juga akan banyak dibutuhkan," jelas dia.

Baca Juga: Relawan Damkar Sumsel Bisa Diangkat Menjadi PPPK, Berikut Syaratnya

2. Kuota CPNS menyesuaikan anggaran daerah

Pemprov Sumsel Ajukan Formasi ASN dan PPPK Hingga 6.138 Orangilustrasi ASN

Dirinya menambahkan, sejauh Pemprov Sumsel menunggu arahan lanjutan dari Kemenpan RB terkait formasi ASN. Dalam aturan itu, bisa jadi penerimaan pegawai dilakukan sebanyak tiga kali dalam setahun.

"Kalau dari informasi Kemenpan RB bisa dilakukan 3 kali dalam setahun. Kalau regulasinya sudah keluar, bisa saja kita melakukan rekrutmen 3 kali. Tapi tetap akan menyesuaikan dengan penghitungan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki daerah," jelas dia.

3. Formasi daerah menyesuaikan nasional

Pemprov Sumsel Ajukan Formasi ASN dan PPPK Hingga 6.138 OrangIlustrasi ASN Pemprov NTB. (dok. Istimewa)

Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni, membenarkan adanya rekrutmen CPNS pada 2024 dengan jumlah formasi 6.138 orang. Hanya saja, pihaknya masih menunggu aturan resmi dari pemerintah pusat.

"Yang disetujui tergantung dari pemerintah. Tentu ini akan menyesuaikan formasi nasional dan melihat kemampuan daerah kita," tutup dia.

Baca Juga: Palembang Prioritaskan Formasi PPPK Guru, Butuh Kuota 2 Ribu Pengajar

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya