Pemkab Muaraenim Segera Evaluasi 16 Proyek Milik PT Enra Sari 

16 Proyek masuk dalam RPJMD, jangka menengah

Muara Enim, IDN Times -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaraenim berencana untuk merevisi pembangunan konstruksi yang dilakukan PT Enra Sari selaku pemenang 16 tender proyek konstruksi.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR)Muaraenim, Ramlan Suryadi mengatakan, pihaknya akan mempelajari terlebih dulu dokumen mengenai proyek yang bermasalah tersebut.

Dirinya akan mengumpulkan para pejabat eselon III untuk melaksanakan dan memastikan proyek tersebut tetap berjalan, meskipun Bupati Muaraenim, Ahmad Yani ditetapkan sebagai tersangka.

"Tentu kita akan evaluasi. Proyek pembangunan di PUPR harus terus jalan. Ini amanah APBD, sehingga harus segera dicari solusinya agar pembangunan tersebut masih bisa dilakukan," kata Ramlan, Jumat (6/9).

1. Elfin Muchtar sudah dinonaktifkan sebagai PNS

Pemkab Muaraenim Segera Evaluasi 16 Proyek Milik PT Enra Sari ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Pascaditangkapnya, Bupati Ahmad Yani, beserta pengusaha Robi Okta Fahlefi dan Kabid Pembangunan Jalan, yang juga pemegang jabatan sebagai pejabat pembuat komitmen (PPK) Elfin Muchtar, kini PUPR Muaraenim akan mengevaluasi siapa yang nantinya akan menduduki posisi tersebut.

"PPK-nya diganti. Untuk status Elfin sendiri sekarang sudah dinonaktif sebagai ASN di Dinas PUPR," ungkap Ramlan.

2. 16 proyek masuk dalam RPJMD sebagai perda

Pemkab Muaraenim Segera Evaluasi 16 Proyek Milik PT Enra Sari IDN Times/Rangga Erfizal

Seketaris Daerah (Sekda) Muara Enim, Hasanudin menerangkan, bahwa 16 proyek yang dimenangkan oleh PT Enra Sari itu merupakan proyek Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) hingga 5 tahun ke depan.

Selaku Ketua Tim Panitia Anggaran Daerah (TPAD) Muaraenim, Hasanudin ikut memastikan jika proyek tersebut tetap berjalan, dikarenakan sudah tercantum dalam perda.

"RPJMD ini dibuat dalam bentuk produk hukum yakni perda. Perda ini harus dilaksanakan kepala daerah periode 2018-2023. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mengerjakannya. Begitu juga visi misi bupati dan wakil bupati yang termasuk di dalamnya," terangnya.

Baca Juga: PT Enra Sari Pemenang 16 Tender di Pemkab Muaraenim Pakai Alamat Palsu

3. Roda pemerintahan Muaraenim tetap berjalan

Pemkab Muaraenim Segera Evaluasi 16 Proyek Milik PT Enra Sari IDN Times/Rangga Erfizal

Hasanudin menilai, atas kejadian yang menggemparkan Muaraenim beberapa hari ini, menjadi pembelajaran bagi semua pihak. Dirinya memastikan jika pemerintahan Kabupaten Muaraenim terus berjalan di bawah kendali Wakil Bupati Muaraenim Juarsyah, yang ditunjuk Gubernur Sumsel, Herman Deru sebagai pelaksana harian (Plh).

"Tidak ada alasan roda pemerintahan tidak berjalan. Seluruh unit kerja di Muaraenim pun harus tetap melayani masyarakat seperti biasanya," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya