Muba Diguncang Gempa 4,8 Magnitudo, Beberapa Bangunan Terasa Bergetar

Gempa berada di kedalaman 10 kilometer dari permukaan tanah

Musi Banyuasin, IDN Times - Gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M) 4,7 dirasakan masyarakat Musi Banyuasin (Muba), Sumatra Selatan (Sumsel). Pusat gempa berada pada kedalaman 10 kilometer dari darat membuat guncangan di Bumi Serasan Sekate.

"Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.28 Lintang Selatan dan 104.14 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat pada 54 kilometer timur laut Muba, Sumsel," ungkap Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang, Irwan Slamet dikutip dari rilis tertulis, Senin (29/11/2021).

1. Belum ada laporan kerusakan

Muba Diguncang Gempa 4,8 Magnitudo, Beberapa Bangunan Terasa BergetarGempa 4,8 Magnitudo di Muba Sumatra Selatan terasa hingga ke Jambi (IDN Times/istimewa)

Gempa bumi yang terjadi di Muba dirasakan hingga ke Provinsi Jambi. BMKG mencatat, getaran dirasakan masyarakat yang berada di dalam rumah. Sedangkan mereka yang beraktivitas di luar, melihat banyak gerabah, jendela, pintu, dan dinding sempat bergoyang.

"Belum ada laporan mengenai dampak gempa bumi. Gempa yang terjadi di Muba juga tidak berpotensi tsunami," ujar dia.

Baca Juga: Kasus Pembunuhan Anak Autis, Psikolog: Orangtua Tak Paham Kondisi Anak

2. Gempa susulan terjadi sebanyak dua kali

Muba Diguncang Gempa 4,8 Magnitudo, Beberapa Bangunan Terasa BergetarIlustrasi Gempa (IDN Times/Sukma Shakti)

Gempa tektonik tersebut terjadi dalam dua waktu berbeda. Pada hari ini, gempa pertama terjadi sekitar pukul 16.07 WIB. Gempa susulan terjadi selanjutnya pada pukul 17.07 WIB. Dari hasil pemantauan BMKG, belum ada tanda-tanda gempa susulan.

"Untuk di Jambi, gempa terasa seperti ada truk yang melintas sehingga ada getaran," ungkap dia.

3. BMKG minta masyarakat tidak terpancing hoaks

Muba Diguncang Gempa 4,8 Magnitudo, Beberapa Bangunan Terasa BergetarIlustrasi Gempa (IDN Times/Arief Rahmat)

Pihak BMKG mengimbau masyarakat tidak panik saat terjadi gempa. Mereka juga mengimbau agar arga tetap tenang dan tidak terpengaruh isu.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda, cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa sebelum kembali ke dalam rumah," tutup dia.

Baca Juga: Final Sepak Bola Porprov Sumsel, Pemain Kedua Tim Baku Hantam

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya