Comscore Tracker

Menparekraf Dorong Wisudawan PTNP Bangkitkan Pariwisata Pasca Pandemik

Sandiaga ajak generasi muda tak menjadi kaum rebahan

Palembang, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, ancaman gelombang ketiga pandemik COVID-19 tak bisa menunda kebangkitan ekonomi pariwisata di Indonesia.

Setelah mewisuda 2.696 orang mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) di Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang, Sandiaga meyakini lulusan baru tersebut bakal menciptakan banyak lapangan pekerjaan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Kita akan membuka lapangan kerja seluas-luasnya, kita akan totalitas dalam membangkitkan pariwisata. Ini menjadi harapan kepada para wisudawan, mereka akan menjadi peluru dalam proses membangun kembali sektor pariwisata kita," ungkap Sandiaga usai menghadiri Wisuda Virtual Bersama PTNP Kemenparekraf, Jumat (22/10/2021).

1. Lulusan PTNP bertransformasi membangkit ekonomi pariwisata

Menparekraf Dorong Wisudawan PTNP Bangkitkan Pariwisata Pasca PandemikMenteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif Sandiaga Uno saat menghadiri wisuda Poltekpar Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Dalam membangun kembali pariwisata, Sandiaga memiliki strategi khusus. Indonesia katanya memiliki banyak pariwisata unggulan. Sektor pariwisata alam dan budaya diyakini akan sangat menjual di era pasca pandemik.

"Di era digital ini juga para lulusan dapat ikut bertransformasi sebagai profesional atau wirausaha di bidang pariwisata. Apa lagi dengan dibukanya Bali dan wilayah lain, kita yakin dan optimis akan menyerap tenaga kerja pariwisata seluas-luasnya," jelas dia.

Baca Juga: Poltekpar Palembang dan UPH Perpanjang Kerja Sama Pendidikan

2. Inovasi link and match dekatkan mahasiswa dengan industri

Menparekraf Dorong Wisudawan PTNP Bangkitkan Pariwisata Pasca PandemikWisuda mahasiswa Poltekpar Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sebanyak enam PTNP di bawah Kemenparekraf seperti STP NHI Bandung, Poltekpar Bali, Poltekpar Makassar, Poltekpar Medan, Poltekpar Palembang, dan Poltekpar Lombok, saling berinovasi untuk menyesuaikan pola pendidikan dengan kebutuhan industri kekinian.

Link and match semacam itu mendorong mahasiswa atau lulusan menjadi tenaga handal dalam pariwisata. Peserta didik kata Sandiaga, telah dibekali kurikulum dengan pembelajaran Inkubator Bisnis, menyelenggarakan workshop atau seminar kewirausahaan, serta mendorong mahasiswa mengikuti berbagai kompetisi wirausaha.

"Dengan program link and match ini, para peserta didik dapat masuk dunia usaha dalam pengelolaan pariwisata seperti hotel atau bidang teknologi pariwisata lainnya," jelas dia.

Baca Juga: Puluhan Dosen dan Pegawai Poltekpar Palembang Jalani Vaksinasi

3. Generasi muda jangan jadi kaum rebahan

Menparekraf Dorong Wisudawan PTNP Bangkitkan Pariwisata Pasca PandemikMenteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif Sandiaga Uno saat menghadiri wisuda Poltekpar Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sandiaga berpesan kepada para lulusan agar tidak takut bersaing di dalam dunia usaha pariwisata. Para lulusan dari Poltekpar Palembang misalnya yang didominasi generasi millennial, harus menunjukkan mereka sebagai orang-orang yang berkontribusi bagi bangsa.

"Wirausaha bukanlah sebuah profesi, melainkan mindset untuk selalu bekerja keras, optimis, inovatif, kreatif, dan memiliki leadership. Jadilah agen perubahan, jangan menjadi kaum rebahan," beber dia.

Wisuda PTNP di bawah Kemenparekraf/Baparekraf digelar secara hybrid di Poltekpar Palembang. Sebanyak 12 wisudawan terbaik mengikuti prosesi wisuda secara offline, sedangkan sisanya mengikuti kegiatan melalui virtual.

Baca Juga: Sandiaga Uno Dorong UMKM Pulih dengan Kolaborasi Lokapasar

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya