Comscore Tracker

Maskapai Penerbangan Jamin Distribusi Logistik Tetap Aman

Maskapai tunggu arahan teknis dari Kemenhub

Palembang, IDN Times - Meski larangan mudik dikeluarkan lewat Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) nomor 13 tahun 2021, namun aktivitas distribusi logistik melalui sejumlah penerbangan kargo masih akan berlaku.

Sejumlah maskapai penerbangan bahkan mengungkap masih tetap membuka layanan untuk kepentingan logistik ke seluruh wilayah.

"Transportasi udara masih beroperasi, merujuk pada surat edaran Satgas COVID-19. Artinya untuk logistik atau kargo juga masih jalan," ungkap Manager Marketing Garuda Indonesia Cabang Palembang, Meisye Paulina Tambunan, Rabu (14/4/2021).

1. Garuda Indonesia masih melayani penumpang sembari tunggu regulasi

Maskapai Penerbangan Jamin Distribusi Logistik Tetap AmanIlustrasi kabin pesawat. (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Menurutnya, Garuda Indonesia masih menunggu regulasi lebih lanjut mengenai Permenhub. Pihak Garuda pun masih mengeluarkan tiket untuk penerbangan hingga ada batas ketentuan.

"Sampai saat ini kita masih sediakan tiket untuk penerbangan yang membolehkan transportasi udara," jelas dia.

Baca Juga: Pemerintah Larang Mudik, Palembang Perketat Prokes di Bandara

2. Garuda akan lakukan penyesuaian penerbangan

Maskapai Penerbangan Jamin Distribusi Logistik Tetap AmanANTARA FOTO/M N Kanwa

Namun pihaknya menyiapkan antisipasi operasional layanan penerbangan, dia ntaranya penyesuaian frekuensi, jadwal penerbangan sesuai kebutuhan, penyesuaian kebijakan operasional pada lini layanan pre-flight, in-flight, dan post-flight.

Langkah ini juga untuk mengoptimalisasi layanan penerbangan kargo yang mendukung distribusi logistik, dan berbagai kebijakan antisipatif pada ranah operasional lainnya.

"Kami juga turut mengimbau masyarakat yang telah merencanakan perjalanan bertepatan dengan periode larangan mudik, segera melakukan penyesuaian rencana penerbangan. Kalau ada ketentuan lainnya akan kami sampaikan kembali," beber dia.

3. Maskapai Sriwijaya Air juga tunggu petunjuk teknis dari Permenhub

Maskapai Penerbangan Jamin Distribusi Logistik Tetap AmanPesawat Sriwijaya Air SJ182. Jetphotos/Panji Anggoro

Senada disampaikan Kepala Cabang Sriwijaya Air Palembang, Yudho. Sejauh ini Sriwijaya Air Group tetap mengikuti kebijakan pemerintah tentang larangan mudik jelang Idulfitri 1442 H. Pihaknya menunggu regulasi mengenai pengendalian transportasi dari 6-17 Mei mendatang.

"Sriwijaya Air Group mengikuti kebijakan dari pemerintah. Untuk arahan dan kebijakannya nanti akan dijelaskan oleh regulasi yang mengaturnya, dalam hal ini Kemenhub," tutup dia. 

Baca Juga: GeNose Resmi Jadi Pilihan Tes di Bandara SMB II Palembang

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya