Limosin dan Simental, 2 Sapi yang Bakal Dipilih Jokowi untuk Palembang

Tim dari Dinas dan Kementerian sudah periksa kesehatan sapi

Palembang, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo berencana berkurban pada Hari Raya Iduladha 1441 Hijriah di Palembang, Sumatra Selatan (Sumsel). Pemerintah pusat menunjuk tim Balai Pembibitan Ternak Unggul-Hijauan Pakan Ternak (BPTU - HPT) Sumbawa, Kabupaten Banyuasin, beserta Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumsel, untuk memastikan calon sapi pilihan yang berkualitas baik serta terhindar dari penyakit.

"Kita masih terus memantau, karena belum ada keputusan pemerintah pusat akan memilih sapi yang mana. Tetapi sudah ada dua jenis sapi yang rencananya akan dipilih," ungkap Kasi Kesehatan Hewan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumsel, Iskandar saat memeriksa sapi, Senin (13/7/2020).

1. Dinas Ketahanan Pangan dan Ternak sudah periksa sapi Jokowi tiga kali

Limosin dan Simental, 2 Sapi yang Bakal Dipilih Jokowi untuk PalembangSapi jenis limosin (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sapi yang menjadi opsi ada dua jenis, yakni Simental dan Limosin. Kedua sapi tersebut berukuran besar dengan berat di atas satu ton. Menurut Iskandar, pihaknya sudah tiga kali memeriksa sapi-sapi tersebut agar saat pemerintah memutuskan membeli salah satunya, sapi sudah dalam keadaan prima.

"Kita cek bagaimana pemberian pakan dan obat cacing, agar sapi Bapak Presiden bagus dan tidak sakit. Selama ini kami periksa kondisinya sapi sehat," beber dia.

Baca Juga: Teliti Pilih Lokasi Pemotongan Kurban, Ini Saran Dokter Hewan Sumsel

2. Ambil sampel feses untuk pastikan sapi sehat

Limosin dan Simental, 2 Sapi yang Bakal Dipilih Jokowi untuk PalembangPemeriksaan feses dari sapi untuk diperiksa di laboratorium (IDN Times/Rangga Erfizal)

Seperti halnya manusia, tim pemeriksaan hewan pun melakukan pengukuran suhu tubuh sapi menggunakan Thermal Gun. Hal itu dilakukan demi memastikan sapi tidak sakit. Dalam pemeriksaan, dua sapi kandidat bersuhu tubuh 38,5 atau rata-rata suhu normal sapi.

"Sapi diperiksa performanya, pernapasan juga, cara jalannya, dan kondisi fesesnya yang akan kita periksa di laboratorium untuk memastikan sapi tidak cacingan," tegas dia.

3. Berat dan harga sapi yang akan dipilih Presiden Jokowi

Limosin dan Simental, 2 Sapi yang Bakal Dipilih Jokowi untuk PalembangPemilik peternakan sapi di Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Pemilik peternakan sapi, Idil Fitriansyah (32) menuturkan, dua sapi yang akan dipilih oleh Presiden Jokowi berbeda dari jenis sapi tahun lalu. Presiden pernah memilih jenis sapi peranakan Ongole (PO) asli India.

"Harganya sama saja bagi ketiga jenis, kita masih jual di harga Rp85 juta. Untuk keduanya lebih besar dari sapi tahun lalu. Sapi Simental beratnya 1,169 ton sedangkan Limosin 1,168 ton," jelas dia.

4. Sapi limosin dan simental punya tekstur yang lebih empuk

Limosin dan Simental, 2 Sapi yang Bakal Dipilih Jokowi untuk PalembangPemberian pakan kepada Sapi (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sapi Limosin dan sapi Simental memiliki keunikan dari tekstur dagingnya. Sapi Simental berasal dari Swiss, sedangkan Sapi Limosin berasal dari Perancis. Kedua sapi tentu tidak langsung didatangkan dari luar negeri. Keduanya dibeli Idil saat masih kecil, dan sudah diternak di Indonesia.

Idil mengatakan, sapi Limosin yang akan dikurbankan saat ini berusia empat tahun. Sedangkan sapi Simental berusia lima tahun. Ia memastikan daging kedua sapi tersebut bertekstur empuk.

"Kalau daging lebih padat dan empuk dibanding sapi Bali yang banyak serat, atau sapi lokal yang kejal dagingnya," tandas dia.

Baca Juga: Begini Panduan Salat Iduladha dan Potong Hewan Kurban saat Pandemik

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya