KMP Gunsa 8 Keluarkan Asap, Puluhan Penumpang Dievakuasi ke Babel 

Tidak ada korban jiwa namun kapal akan ditarik ke TAA

Banyuasin, IDN Times - Kapal Motor Penumpang (KMP) Gunsa 8 yang membawa 86 penumpang dan Anak Buah Kapal (ABK) dari Tanjung Kalian, Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menuju Pelabuhan Tanjung Api-Api (TAA), Sumatra Selatan, tiba-tiba mengeluarkan kepulan asap, Senin (12/7/2021).

Peristiwa itu membuat para penumpang dan ABK yang berada di dalam kapal histeris. Beruntung, kapal bantuan KMP Mutis segera datang sehingga semua penumpang berhasil diselamatkan.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Kita belum mengetahui apakah kepulan asap diakibatkan oleh kebakaran. Hanya saja saat kejadian asap sudah sangat mengepul," ungkap Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah 7 Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) dan Babel, Fahmi kepada IDN Times, Senin (12/7/2021).

1. Kapal mengeluarkan asap sekitar 16.20 WIB

KMP Gunsa 8 Keluarkan Asap, Puluhan Penumpang Dievakuasi ke Babel Lokasi titik kapal keluar asap (IDN Times/istimewa)

Menurut Fahmi, KMP Gunsa 8 yang berlayar dari Tanjung Kalian sekitar pukul 14.15 WIB. Sesampainya di lokasi kejadian, tiba-tiba kapal mengeluarkan asap. Kapten Kapal KMP Gunsa 8 langsung menginformasikan kepada pengawas di TAA untuk memberikan pertolongan.

"Kepulan asap keluar dari corong mesin sekitar pukul 16.20 WIB. Tim dari TAA langsung melakukan pertolongan dan semua penumpang serta ABK berhasil dibawa kembali ke Tanjung Kalian," ungkap dia.

Baca Juga: Lulusan SMA/SMK di Sumsel Tak Bisa Daftar Seleksi CPNS 2021?

2. Belum diketahui titik kebakaran kapal

KMP Gunsa 8 Keluarkan Asap, Puluhan Penumpang Dievakuasi ke Babel Penumpang KMP Gunsa dievakuasi ke Bangka Belitung (IDN Times/BPTD 7)

Pihaknya belum dapat memastikan lokasi persis kebakaran lantaran terjadi di tengah laut. Sejauh ini, KMP Gunsa masih berada di tengah laut. Pihaknya tengah melakukan evakuasi untuk menarik kapal menggunakan Tugboat dan dievakuasi ke TAA.

"Semua prosedur evakuasi sudah kita lakukan sesuai standar operasional prosedur (SOP)," ujar dia.

3. Pemeriksaan akan dilakukan KNKT

KMP Gunsa 8 Keluarkan Asap, Puluhan Penumpang Dievakuasi ke Babel Penumpang KMP Gunsa dievakuasi ke Bangka Belitung (IDN Times/BPTD 7)

Belum diketahui penyebab kebakaran KMP Gunsa. Sebab untuk proses penyelidikan penyebab kebakaran, pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan turun langsung melakukan pemeriksaan.

"Sesuai ketentuan, kami akan terus berkoordinasi dengan KNKT karena proses penyelidikan sepenuhnya ditangani KNKT," jelas dia.

4. Beberapa kendaraan masih terjebak di dalam kapal

KMP Gunsa 8 Keluarkan Asap, Puluhan Penumpang Dievakuasi ke Babel Ilustrasi Kapal Feri (Kapal Penyeberangan) (IDN Times/Sukma Shakti)

Kepala UPTD Pelabuhan Penyeberangan TAA dan Kertalaya, Iwan Gunawan Syahputra, membenarkan kejadian kepulan asap yang membawa penumpang dari Babel. Rencananya, kapal tersebut akan bersandar di pelabuhan TAA. 

"Info kapal sekarang engine sudah mati. Kapal tersebut juga mengangkut kendaraan. Beberapa kendaraan masih tertinggal di dalam kapal," tutup dia.

Baca Juga: Bukan Oksigen, Sumsel Justru Kekurangan Tabung

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya