Bukan Oksigen, Sumsel Justru Kekurangan Tabung

RS Bhayangkara Palembang dijadikan tempat isi oksigen gratis

Palembang, IDN Times - Kapolda Sumatra Selatan (Sumsel), Irjen Pol Eko Indra Heri mengatakan, Sumsel tak kekurangan oksigen seperti yang terjadi di Pulau Jawa dan Bali. Bahkan, Sumsel kelebihan pasokan hingga 100 ton sehari.

Menurut Eko, Sumsel kekurangan tabung untuk disalurkan ke berbagai gerai atau ke masyarakat. Keterbatasan tersebut akibat tabung oksigen merupakan produk impor.

"Oksigen kita tidak kosong, tabungnya saja yang susah. Jadi oksigen banyak tapi tabungnya gak ada," ungkap Eko, Senin (12/7/2021).

1. Masyarakat diminta pinjamkan tabung oksigen

Bukan Oksigen, Sumsel Justru Kekurangan TabungPengisian oksigen tabung ukuran satu kubik di salah satu Gerai di Jalan Jenderal Sudirman Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Menurut Eko, tabung oksigen hanya berputar di Pulau Jawa sehingga sulit masuk ke Sumsel. Polda Sumsel masih mencari tabung oksigen tambahan agar dapat tersalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama mereka yang menjalani isolasi mandiri.

"Kalau masyarakat punya lebih tabung oksigen bisa dipinjamkan terlebih dahulu. Karena tabung-tabung tersebut akan dipinjamkan ke masyarakat isolasi mandiri," ungkap dia.

2. Oksigen cair untuk rumah sakit dipastikan aman

Bukan Oksigen, Sumsel Justru Kekurangan TabungKapolda Sumsel, Irjen Pol Eko Indra Heri (IDN Times/Rangga Erfizal)

Meski defisit tabung oksigen, Kapolda memastikan penyaluran ke rumah sakit tidak ada masalah. Selama ini, oksigen yang dikhususkan ke rumah sakit berbentuk liquid atau cair. Pihaknya akan mengawal dan mengawasi setiap penyaluran oksigen di wilayah Sumsel.

"Nantinya pembagian ke rumah sakit akan dilakukan oleh Dinkes, untuk oksigen di gerai terus kita pantau agar harganya tidak naik," ujar dia.

3. Polda Sumsel siapkan sentra pengisian oksigen gratis

Bukan Oksigen, Sumsel Justru Kekurangan TabungPengisian tabung oksigen di Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Polda Sumsel sedang menyiapkan sistem pengisian tabung oksigen di Rumah Sakit Polri, Bhayangkara Palembang. Pengisian tersebut akan diberikan gratis bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Kita sejauh ini baru ada 30 tabung, tapi tidak cukup untuk tempat sentra pengisian oksigen. Maka dari itu kita akan mencari terlebih dahulu tabungnya dan menyiapkan sistemnya," beber dia.

4. RS Bhayangkara bakal jadi sentral pengisian oksigen di Palembang

Bukan Oksigen, Sumsel Justru Kekurangan TabungKadinkes Sumsel, Lesty Nurainy (IDN Times/Rangga Erfizal)

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sumsel, Lesty Nurainy menyatakan, sejauh ini pihaknya bersama Polda Sumsel sedang mencari stok tabung oksigen. Tabung tersebut dikhususkan bagi masyarakat yang membutuhkan oksigen.

"Pak Kapolda akan mengumpulkan tabung dan nantinya akan disentralkan di rumah sakit Bhayangkara," tutup dia.

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya