Kemenhub Tambah Koridor Baru Feeder LRT di Palembang 

Transportasi terintegrasi diklaim tingkatkan jumlah okupansi LRT

Palembang, IDN Times - Kementerian Perbuhungan (Kemenhub) RI menambah lima koridor baru layanan feeder Light Rail Transit (LRT). Penambahan koridor baru dilakukan setelah uji coba dua feeder dianggap berhasil dalam meningkatkan jumlah okupansi pengguna LRT di Palembang.

"Penggunaan feeder membuat transportasi umum di Palembang terhubung. Jika sebelumnya ada dua koridor feeder maka sekarang ada lima koridor baru sehingga total sudah ada tujuh feeder di Palembang," ungkap Direktur Angkutan Jalan Kemenhub, Soeharto, di Palembang Sabtu (10/9/2022).

Baca Juga: LRT Palembang Kembali Dikritik Habiskan Uang Negara Rp199 Miliar

1. Sejak ada feeder jumlah penumpang LRT naik 4 kali lipat

Kemenhub Tambah Koridor Baru Feeder LRT di Palembang Feeder LRT Palembang transportasi terintegrasi yang terhubung dengan LRT (IDN Times/Rangga Erfizal)

Soeharto menerangka, terhubungnya angkutan umum di Kota Palembang menjadi komitmen Kemenhub RI untuk memaksimalkan Gerakan Nasional Kembali ke Angkutan Umum (GNKAU). Secara garis besar pihak Kemenhub RI ingin agar jumlah okupansi LRT Palembang terus meningkat.

Jumlah pengguna LRT sampai akhir Oktober 2022 lalu sudah mencapai 2,4 juta penumpang. Jumlah penumpang harian rata-rata diangka delapan ribu penumpang di hari biasa dan 12 ribu penumpang di hari Sabtu dan Minggu.

"Semenjak ada koridor feeder jumlah penumpang LRT naik empat kali lipat di hari biasa. Dibanding tahun 2019 lalu atau sebelum pandemik tingkat okupansi LRT Palembang mengalami peningkatan," jelas dia.

2. Rencanakan LRT terhubung angkutan sungai

Kemenhub Tambah Koridor Baru Feeder LRT di Palembang Direktur Angkutan Jalan Kemenhub, Soeharto (IDN Times/Rangga Erfizal)

Soeharto menjelaskan terhubungnya angkutan melalui feeder akan memudahkan masyarakat Palembang untuk naik transportasi umum. Dalam penggunaannya, satu tiket feeder LRT ini akan terintegrasi dengan dua angkutan lain yakni Bus Rapid Transit (BRT) dan LRT.

"Nantinya masyarakat cukup hanya membayar satu tiket dengan e-money dan bisa menggunakan BRT, LRT atau feeder LRT," jelas dia.

Sedangkan untuk integrasi LRT dengan transportasi sungai, Soeharto menjelaskan akan terealisasi dalam waktu dekat.

"Sehingga, masyarakat yang kesehariannya terhubung dengan aktivitas di sungai dapat juga terintegrasi dengan feeder LRT," ujar Soeharto.

3. Masyarakat diminta tak khawatir keamanan diangkutan umum

Kemenhub Tambah Koridor Baru Feeder LRT di Palembang Feeder LRT Palembang transportasi terintegrasi yang terhubung dengan LRT (IDN Times/Rangga Erfizal)

Kemenhub RI telah menyiapkan 58 unit kendaraan feeder LRT yang ada di Palembang. Seluruh feeder LRT itu pun dipastikan aman digunakan oleh para penumpang baik dari segi keamanan maupun kenyamanan.

Sebab, seluruh feeder LRT tersebut telah dilengkapi dengan kamera CCTV yang terintegrasi ke operator.

"Bahkan, bila ketinggalan handphone dapat diketahui dan jelas dikembalikan ke penumpang," jelas dia.

4. GNKAU dimulai di empat kota besar

Kemenhub Tambah Koridor Baru Feeder LRT di Palembang Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (dok. BKIP Kemenhub)

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi hadir dalam peresmian penambahan koridor LRT secara virtual, mengajak masyarakat untuk terus menggaungkan GNKAU. Gerakan ini merupakan gerakan untuk membiasakan masyarakat menggunakan layanan angkutan umum dan mengurangi polusi udara serta kemacetan.

"Bukan hanya di Palembang juga ada di Semarang, Ujung Pandang, dan Medan. Tetapi Palembang adalah kota khusus yang dipercaya gerakan GNKAU ini karena sudah memiliki LRT pertama di Indonesia. Bahkan, Palembang adalah kota terlengkap angkutan umum," jelas dia.

Budi menambahkan, penggunaan angkutan umum akan dimaksimalkan oleh pemerintah agar ketertarikan masyarakat dapat kembali tumbuh. Salah satunya dengan menggratiskan angkutan feeder LRT pada Januari 2023 mendatang.

"Kami akan memberikan pelayanan sepenuhnya agar masyarakat dapat kembali menggunakan angkutan umum," kata Budi.

Baca Juga: Jelang Libur Nataru, Polres Muba Tambah Rambu di Jalintim dan Jalinteng

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya