Keluarga Politisi Dominasi Pemilihan Caleg DPD RI Sumsel

Peserta DPD dari Sumsel banyak kerabat pejabat

Palembang, IDN Times - Anak dari eks Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Herman Deru, yakni Ratu Tenny Leriva, memperoleh suara tertinggi hasil perhitungan sementara calon anggota legislatif non partai atau DPD RI.

Dari data di laman KPU RI, Leriva memimpin perolehan suara sebesar 18,04 persen atau sebanyak 313.926 pemilih.

Baca Juga: KPU Sumsel Benarkan Ada Indikasi Pencoblosan Lebih dari 1 TPS

1. Perolehan sementara pileg DPD RI

Keluarga Politisi Dominasi Pemilihan Caleg DPD RI SumselGubernur Herman Deru menyalurkan suara di TPS 53 (IDN Times/Rangga Erfizal)

Leriva menjadi nama baru dalam pemilihan umum (Pemilu) 2024. Namun dirinya memiliki suara lebih banyak dari salah satu petahana sebelumnya.

Posisi kedua perolehan suara terbanyak ditempati petahana Jialyka Maharani dengan perolehan suara 10,22 persen atau 177.896 pemilih. Lalu di tempat ketiga ada Amaliah Sobri dengan raihan suara 9,36 persen atau sekitar 162.965 pemilih. Disusul Eva Susanti dengan 9,19 persen atau 160.035 pemilih.

Sementara itu, petahana sebelumnya Arniza Nilawati baru mendapatkan suara 4,54 persen atau 78.949 persen.

Baca Juga: Respon PDI Perjuangan Sumsel Soal Suara Ganjar Kalah di Palembang

2. Kerabat politisi kuasai kursi caleg DPD RI dari Sumsel

Keluarga Politisi Dominasi Pemilihan Caleg DPD RI SumselKetua TKD KIM Sumsel Mawardi Yahya (IDN Times/Rangga Erfizal)

Para calon anggota DPD RI Sumsel 2024-2029 yang memiliki suara terbanyak dalam penghitungan sementara merupakan kerabat dari tokoh politik di Sumsel. Leriva merupakan putri bungsu Herman Deru.

Sedangkan peraih suara kedua terbanyak Jialyka merupakan anak dari eks Bupati Ogan Ilir, Ilyas Pandji Alam. Eva Susanti yang sebelumnya peraih suara terbanyak pada pemilu 2019 silam juga merupakan kerabat tokoh politik Sumsel. Dirinya merupakan menantu dari politisi senior Golkar Sumsel Kahar Muzakkir dan istri politisi Demokrat Sumsel Wahyu Sanjaya.

Selanjutnya ada Amaliah Sobri yang merupakan keponakan eks Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya.

3. Leriva pantau perolehan suara Pileg DPD RI

Keluarga Politisi Dominasi Pemilihan Caleg DPD RI SumselRatu Tenny Leriva caleg DPD RI Sumsel (IDN Times/Rangga Erfizal)

Terkait hasil penghitungan sementara calon anggota DPD RI Sumsel tersebut, Leriva mengaku bersyukur namanya menjadi pilihan masyarakat.

"Alhamdulillah, masyarakat memberikan dukungan dan amanah kepada saya. Dan ini akan saya pertanggungjawabkan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi DPD di parlemen, yakni membawa dan menyampaikan aspirasi masyarakat terhadap mitra-mitra DPD," ujar Leriva, Jumat (16/2/2024).

Baca Juga: Pemilih Disabilitas di Palembang Keluhkan Tak Ada Alat Bantu

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya