Kapolda Sumsel Ziarah ke Makam Akidi Tio; Biar Arwahnya Tenang

Tugas manusia hidup mendoakan yang telah mendahului

Palembang, IDN Times - Belum redam kegaduhan akibat sumbangan fiktif Rp2 triliun, Kapolda Sumatra Selatan (Sumsel) Irjen Pol Profesor Eko Indra Heri, menyekar ke makam Akidi Tio.

Menurut Eko, ia tak menyimpan dendam setelah bantuan fiktif Rp2 triliun. Eko membuang jauh-jauh ingatan buruk yang dilakukan putri mendiang, Heriyanti.

"Saya datang (menyekar) untuk doain arwah almarhum (tidak ada niat lain)," ungkap Eko Indra Heri kepada IDN Times, Senin (9/8/2021).

1. Ziarah dianggap sebagai kewajiban manusia yang masih hidup

Kapolda Sumsel Ziarah ke Makam Akidi Tio; Biar Arwahnya TenangMakam dari Akidi Tio (IDN Times/istimewa)

Eko menjelaskan, mendatangi kuburan orang yang telah meninggal adalah hal biasa. Kedekatannya dengan Akidi Tio dan anak sulungnya mendiang bernama Johan, tidak membuat kebaikan keduanya hilang.

Eko masih mengenang perkenalan dirinya dengan keluarga Akidi. Menurutnya, satu kesalahan tidak harus mengakibatkan hubungan silaturahmi menjadi rusak.

"Ya menyekar ini merupakan salah satu kewajiban kita sebagai manusia, agar arwah beliau tenang," beber dia.

Baca Juga: Kasus Rp2 Triliun Akidi Tio Berlanjut, Kejiwaan Heriyanti Diperiksa

2. Kapolda Sumsel sebut ada Akidi Efek yang positif

Kapolda Sumsel Ziarah ke Makam Akidi Tio; Biar Arwahnya TenangPolda Sumatera Selatan mendapat bantuan dana penanggulangan COVID-19 sebesar Rp2 triliun. Bantuan itu diberikan oleh keluarga almarhum Akidi Tio. (Dok. Humas Polri)

Eko mengaku, dirinya memetik banyak pelajaran dari kejadian prank Rp2 triliun. Ia pun telah memaafkan Heriyanti, kemudian meminta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia atas kegaduhan tersebut.

"Saat ini timbul "Akidi Effect', banyak masyarakat tergerak dalam bahu membahu untuk meringankan beban masyarakat lain yang terkena dampak COVID-19. Ini fenomena yang baik dan terus dilestarikan untuk kepentingan sesama," ujar dia.

3. Eko ingin tetap jadi makelar kebaikan

Kapolda Sumsel Ziarah ke Makam Akidi Tio; Biar Arwahnya TenangKapolda Sumsel, Irjen Pol Prof Eko Indra Heri (IDN Times/Rangga Erfizal)

Eko menjelaskan, setiap kejadian selalu berdampak positif dan negatif. Dirinya selama ini banyak diminta masyarakat untuk menyalurkan bantuan ke orang-orang yang terdampak pandemik. Tujuannya masih sama sebagai makelar kebaikan. Ke depan, Eko berharap akan dapat lebih berhati-hati. 

"Kami bukan menerima beras, tapi kami ini makelar kebaikan. Amanah ini pasti segera kami salurkan kepada masyarakat Sumsel," tutup dia. 

Baca Juga: Siti Mirza Ragu Berbisnis dengan Heriyanti, Nama Akidi Tio Dihormati

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya