Jumlah ODP di Muba Terdeteksi 51 Orang, Pemda Siapkan 1.000 Rapid Tes

Siapkan dana sebesar Rp6,1 miliar untuk lawan virus corona

Palembang, IDN Times - Bupati Musi Banyuasin (Muba), Dodi Reza Alex menyatakan, saat ini jumlah masyarakat di Bumi Serasan Sekate yang masuk orang dalam pantauan (ODP) mencapai 51 pasien.

"Mereka terpantau memiliki riwayat perjalanan ke wilayah terjangkit virus Corona. Ada warga kita yang memiliki record ke daerah terjangkit, secara klinis setelah diperiksa tidak ada gejala," ujar Dodi Reza, Minggu (22/3).

1. Rapid tes diharapkan dapat deteksi dini sebaran virus corona

Jumlah ODP di Muba Terdeteksi 51 Orang, Pemda Siapkan 1.000 Rapid TesBupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex (IDN Times/Rangga Erfizal)

Dodi mengungkapkan, Pemkab Muba secara mandiri bakal mendatangkan rapid tes sendiri sebanyak 1.000 buah. Alat tersebut untuk melakukan tes kepada masyarakat Muba di tempat-tempat yang telah dipetakan oleh pemkab.

"Alat test pack akan datang Jumat, (27/3) mendatang. Pembelian itu dilakukan untuk mendeteksi lebih dini sebaran corona di Muba," ungkap dia.

2. Pemkab Muba siapkan dana sebesar Rp6,1 miliar untuk tangani corona

Jumlah ODP di Muba Terdeteksi 51 Orang, Pemda Siapkan 1.000 Rapid TesBupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex (IDN Times/Rangga Erfizal)

Dodi menerangkan, pihaknya juga sudah mengucurkan dana sekitar Rp6,1 miliar untuk penyediaan alat kesehatan tersebut. Nantinya, tes itu juga akan diberikan gratis ke masyarakat Muba secara acak, sambil menunggu rapid tes yang disediakan pemerintah pusat.

"Ya kan saat ini yang dari pemerintah pusat masih menunggu, prinsipnya kan kita harus sigap dalam pencegahan," terang dia.

Baca Juga: Balai Pemantapan Kawasan Hutan & Pemkab Muba Sepakati INVER-PPTKH

3. Pemkab Muba terus sosialisasikan penanganan virus corona

Jumlah ODP di Muba Terdeteksi 51 Orang, Pemda Siapkan 1.000 Rapid TesMenteri Dalam Negeri, Tito Karnavian melakukan rapat kesiapan daerah Sumsel menghadapi wabah Corona (Covid-19) (IDN Times/Rangga Erfizal)

Dodi melanjutkan, saat ini penting untuk melakukan protokol kesehatan guna mencegah agar sebaran virus tidak sampai ke Bumi Serasan Sekate.

"Sosialisasi dan edukasi terus berjalan, OPD dan elemen lainnya terus pro aktif di Muba. Bahkan, fasilitas kebutuhan hand sanitizer dan tempat cuci tangan kita siapkan di setiap titik-titik tertentu di wilayah Muba," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya