Jabat Ketua KPK, Herman Deru: Tetaplah Jadi Firli yang Saya Kenal 

Irjen Pol Firli resmi jadi Ketua KPK periode 2019-2023

Palembang, IDN Times - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru, cukup bangga setelah mendengar Kapolda Sumsel, Irjen Pol Firli Bahuri, terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (13/9).

Herman Deru mengakui, sangat tidak bisa menyembunyikan rasa bangganya sebagai seorang sahabat dari Firli.

"Sebagai sahabat, tidak lain saya sangat bangga dan bersyukur atas terpilihnya Firli sebagai Ketua KPK," ungkap dia, Jumat (13/9).

1. Firli jadi teladan masyarakat Sumsel

Jabat Ketua KPK, Herman Deru: Tetaplah Jadi Firli yang Saya Kenal IDN/sidratul muntaha

Menurut Herman Deru, kebanggaan terhadap Firli juga merupakan kebanggaan masyarakat Sumsel secara umum atas terpilihnya orang dari Ogan Komering Ulu (OKU) sebagai Ketua KPK. Dia berharap dengan terpilihnya Firli dapat menjadi teladan masyarakat.

"Saya tidak berbicara sebagai gubernur, tapi sebagai orang Sumsel. Tentu saya sangat bangga, apa lagi pak Firli adalah orang OKU, orang kita. Artinya bukan hanya beliau yang bangga, namun masyarakat Sumsel ikut merasakan dan menjadi kepercayaan," ujar dia.

Mantan Bupati OKU Timur itu menilai, dengan terpilihnya Jenderal bintang dua di kepolisian tersebut, akan sangat berdampak bagi masyarakat Sumsel. Dirinya pun meminta kepada seluruh masyarakat untuk bekerja sama dan menjaga marwah nama Sumsel.

"Masyarakat Sumsel harus jadi teladan. Makanya jangan berbuat salah dengan apa yang ditangani pak Firli, nanti orang akan mengecam Sumsel. Kita harus berhati-hati dengan hal yang bersifat melanggar," tegas dia.

Baca Juga: Penasihat KPK Pilih Mundur Usai Firli Bahuri Jadi Pimpinan Baru

2. Pesan Herman Deru untuk Firli Bahuri usai terpilih jadi Ketua KPK

Jabat Ketua KPK, Herman Deru: Tetaplah Jadi Firli yang Saya Kenal IDN Times/Rangga Erfizal

Herman Deru mengungkapkan, bahwa sosok Firli yang dikenalnya merupakan orang yang baik, dan memiliki integritas tinggi dalam pekerjaan. Apa lagi selama menjabat sebagai Kapolda Sumsel, Firli merupakan orang yang dikenal cekatan dalam menyelesaikan berbagai kasus sehingga membuat wilayah Sumsel kondusif.

"Saya berpesan, jadilah Frli yang apa adanya, Tetaplah jadi Firli yang saya kenal, orang yang punya integritas tinggi, religi agamis dan jaga tetap menjaga silaturahmi, meskipun saat ini terbatas. Tentu dia ada batasan sekarang. Sebatas bisa di toleransi jangan sampai silaturahmi putus," ungkap dia.

Baca Juga: Ini Respons Polri tentang Firli Terpilih Jadi Ketua KPK 2019-2023

3. Sumsel siap tingkatkan kerja sama dengan KPK

Jabat Ketua KPK, Herman Deru: Tetaplah Jadi Firli yang Saya Kenal IDN Times/Rangga Erfizal

Kemudian, sambung Herman Deru, komitmen Sumsel untuk berintegrasi dengan KPK dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi akan terus dijalin, terlebih saat Firli menjabat sebagai ketua. Karena KPK tidak hanya sebagai lembaga penindakan, tetapi juga sebagai lembaga pencegahan.

"Tidak haram bagi KPK bekerja sama dengan lembaga, karena ruhnya adalah pencegahan. KPK bukan hanya penindakan, tetapi juga pencegahan. Harapan saya pak Firli sebagai ketua KPK terpilih, harus meningkatkan pencegahan dengan menambah porsinya," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya