Ini Tips Tangkal Penipuan Online Modus Operator dan Admin Bank

Masyarakat harus lebih waspada dengan beragam trik penipuan

Palembang, IDN Times - Direktur Ditreskrimum Polda Sumsel, Kombes Pol M Anwar Reksowidjojo, menyebut penipuan secara online menggunakan data pribadi para korban marak dan masih terus memakan korban jiwa.

Untuk mengatasi penipuan agar tak menimbulkan korban lagi, Anwar membagikan beberapa tips kepada masyarakat agar lebih berhati-hati.

"Masyarakat harus berhati-hati apabila ada WA atau SMS dari nomor yang tidak dikenal dan mengaku operator maupun pihak perbankan. Apalagi disuruh untuk mengisi data yang kita tidak tahu," ungkap Anwar, Jumat (12/8/2022).

Baca Juga: Komplotan Penipu Biaya Transfer BRI Asal Sumsel Berhasil Dibekuk

1. Cek nomor kontak yang menghubungi

Ini Tips Tangkal Penipuan Online Modus Operator dan Admin BankIlustrasi korban penipuan online melalui handphone (Shutterstock/fizkes)

Anwar mengimbau masyarakat tidak mudah terpancing dengan jebakan penipu di media sosial. Dalam hal ini, iming-iming hadiah dari operator atau admin yang mengaku dari perbankan atau perusahaan.

"Pertama-tama coba cek nomor yang masuk itu melalui aplikasi GetContact. Biasanya ada saja muncul nama dari korban yang sudah pernah ditipu pakai nomor itu, misalnya penipu bank atau lain-lain," ujar dia.

Baca Juga: Sopir Truk Mandi Keringat dan Rela Keliling Palembang Demi Solar

2. Laporkan ke polisi jika mencurigakan

Ini Tips Tangkal Penipuan Online Modus Operator dan Admin BankIlustrasi penipuan online melalui handphone (Shutterstock/Motortion Films)

Masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan, bila perlu konfirmasi ke nomor operator yang telah disediakan pihak bank atau mendatangi langsung bank terdekat. Anwar meminta masyarakat tak langsung percaya apalagi mengisi data pribadi jika diminta.

"Segera blokir nomornya dan hapus. Mau itu ditawarkan dapat uang, perubahan tarif atau apa, sebaiknya jangan dihiraukan, blokir saja. Lalu segera menghubungi kantor kepolisian terdekat untuk mendapat penjelasan," ujar dia.

3. Modus penipuan tetap sama meski trik beragam

Ini Tips Tangkal Penipuan Online Modus Operator dan Admin Bankilustrasi penipuan (freepik.com/design by freepik)

Anwar menambahkan, trik dari para pelaku beragam. Namun modus yang dilakukan hampir sama. Mereka akan memanfaatkan masyarakat yang tidak berhati-hati dan mudah terpancing mengikuti kemauannya.

"Kelompoknya berbeda-beda. Jadi mereka punya kelompok-kelompok yang modus hampir sama. Jadi masih ada kemungkinan kelompok lain dan itu akan kita kejar," beber dia.

4. Telusuri kemungkinan keterlibatan pihak bank

Ini Tips Tangkal Penipuan Online Modus Operator dan Admin BankPolda Sumsel Amankan para pelaku penipuan modus Perbankan (Dok: istimewa)

Dalam kasus penipuan melibatkan bank, polda Sumsel akan menelusuri kemungkinan adanya pegawai bank yang terlibat dengan aksi para pemuda Tulung Selapan. Kejadian penipuan online atau perbankan oleh warga Tulung Selapan sudah sering terulang menggunakan modus perbankan atau aplikasi transaksi lainnya.

"Seperti diminta mengisi link OVO, Poin, atau lain sebagainya. Kita masih mendalam apakah mereka bekerja sama dengan pihak bank, itu masih akan kita dalami," tutup dia.

Baca Juga: Pria di Muara Enim Perkosa Tetangga dengan Keterbelakangan Mental

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya