iForte Ajak Sineas Muda Ikuti Kompetisi Film Festival Palembang

Kompetisi terbuka untuk pelajar dan masyarakat umum

Palembang, IDN Times - Sineas muda Palembang mendapat angin segar dengan adanya kompetisi Festival Film Pendek yang diadakan PT iForte Solusi Infotek, berkolaborasi dengan komunitas Layar Taman. Kegiatan tersebut terbuka untuk para pelajar hingga masyarakat umum agar bisa menyalurkan bakatnya di dunia perfilman.

Wakil Presiden Direktur dan Chief of Sales & Marketing iForte, Silvi Liswanda mengatakan, kegiatan ini dapat menjadi wadah bagi para pelajar untuk mengasah kemampuan non akademik, khususnya dalam karya seni film.

"Event ini memberi kesempatan dan wadah para pelajar agar dapat mengembangkan ide-ide ke kreatif dalam bentuk karya seni," ungkap Silvi, Selasa (4/3/2023).

Baca Juga: 11 Film Keren Berusia 20 Tahun Ini Layak Ditonton Ulang

1. Waktu pendaftaran kompetisi hingga akhir Mei

iForte Ajak Sineas Muda Ikuti Kompetisi Film Festival PalembangPenyelenggaraan iForte Film Festival Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Silvi menambahkan, pembukaan pendaftaran telah dibuka sejak 20 Maret dan akan ditutup pada 31 Mei 2023. Hal menarik dari iForte Film Festival ini, karya para finalis akan diputar selama pelaksanaan Festival Sriwijaya yang dilaksanakan pada 22-26 Juni 2023. Pemenang akan diumumkan pada acara penutupan Festival Sriwijaya pada 26 Juni 2023.

"Sumsel khususnya Palembang memiliki aneka ragam seni dan budaya serta ciri khasnya sendiri. Hal inilah yang kami angkat untuk ditonjolkan dalam tema kompetisi 'Palembang Kota Kito'," ungkap dia.

Baca Juga: 10 Lukisan Ini Sering Muncul di Film Harry Potter, Sudah Tahu?

2. Undang produser hingga aktor nasional ke Palembang

iForte Ajak Sineas Muda Ikuti Kompetisi Film Festival PalembangPenyelenggaraan iForte Film Festival Palembang (Dok: istimewa)

Nantinya karya para finalis akan diputar selama pelaksanaan Festival Sriwijaya, dan pemenang akan diumumkan pada acara penutupan Festival Sriwijaya pada 26 Juni 2023. Karya film sineas muda kota Palembang pun bakal dinikmati oleh masyarakat kota Palembang yang berkunjung ke Festival Sriwijaya. 

Lewat kompetisi Festival Film Palembang, iForte berkolaborasi dengan komunitas sineas Kota Palembang. Mereka menghadirkan beberapa ahli perfilman mulai dari Sutradara, Produser, Music Director, hingga aktor ternama Indonesia untuk berbagi wawasan soal perfilman.

"Kami berharap melalui kegiatan ini para sineas muda dapat lebih termotivasi untuk berkarya, dan membawa kebanggaan bagi Kota Palembang," jelas dia.

3. Generasi muda diharapkan menyerap ilmu dari festival film

iForte Ajak Sineas Muda Ikuti Kompetisi Film Festival PalembangKadis Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Aufa Syahrizal (IDN Times/Rangga Erfizal)

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel, Aufa Syahrizal, mengapresiasi terselenggranya kompetisi film tersebut. Ia berharap acara ini terus dilanjutkan melibatkan generasi muda.

"Harapan saya generasi milennial khususnya anak muda Palembang memanfaatkan momen ini untuk menggali semua potensi diri, terutama di bidang perfilman," tutup dia.

Baca Juga: Cerita Sineas Palembang; Dari Jurnalis Tekuni Proses Kreatif Film

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya