Herman Deru Sebut Gajah yang Menginjak Babinsa di OKI Lagi Masa Berahi

Pemprov tanggung biaya pengobatan warga yang jadi korban

Palembang, IDN Times - Gubernur Sumsel, Herman Deru menyatakan, kejadian tewasnya anggota Babinsa Kodim Ogan Komering Ilir (OKI) yang terinjak gajah  di Desa Banyubiru, Air Sugihan, Kabupaten OKI, pada Rabu (4/3) kemarin, disebabkan karena gajah tersebut keluar dari habitatnya. 

"Ada gajah jagoan baru di sana, gajah yang ini (mengamuk) karena merasa kalah sehingga, dia lari dari kelompoknya," ujar Herman Deru usai mengunjungi langsung lokasi di Air Sugihan, Kamis (5/3). 

1. Gubernur Sumsel sebut warga di lokasi sudah biasa melihat gajah

Herman Deru Sebut Gajah yang Menginjak Babinsa di OKI Lagi Masa BerahiGubernur Sumsel, Herman Deru (IDN Times/Rangga Erfizal)

Herman Deru mengungkapkan, gajah yang diperkirakan berusia 40 tahun itu sedang mengalami masa berahi. Namun tidak bisa menyalurkan hasratnya karena tidak dianggap oleh habitatnya.

"Karena hasratnya tak tersalurkan, maka dia masuk perkampungan dan mengamuk," ungkap dia.

Deru menilai, lokasi tempat gajah mengamuk itu merupakan daerah perbatasan dengan Suaka Margasatwa Air Sugihan, Kabupaten Banyuasin. Hal itu lah yang membuat gajah sering terlihat di sekitar lokasi, karena merasa sebagai wilayah jelajahnya.

"Warga di sana sudah biasa lihat gajah, selama ini memang hidup berdampingan. Tapi memang gajah yang satu ini mengamuk karena sedang berahi. Kondisi di sana sudah kondusif sekarang," sambung dia.

2. Pemprov Sumsel tanggung pengobatan warga Air Sugihan yang terluka

Herman Deru Sebut Gajah yang Menginjak Babinsa di OKI Lagi Masa BerahiGubernur Sumsel, Herman Deru (IDN Times/Rangga Erfizal)

Atas kejadian tersebut, terang Herman, anggota Babinsa yang gugur mendapatkan penghargaan kenaikan pangkat dari TNI. Karena Serka Anumerta Iskandar ini membantu warga dan mencoba menggiring gajah yang mengamuk di sekitar pemukiman warga.

Untuk warga yang juga terluka, saat ini di bawa ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Mohammad Hoesin Palembang untuk menjalani pengobatan. "Seluruh pengobatan akan ditanggung oleh pemerintah Provinsi Sumsel," terang dia.

Baca Juga: Niat Menggiring ke Habitat, Anggota Babinsa Kodim Tewas Terinjak Gajah

3. Pangdam II berikan penghargaan kenaikan pangkat untuk Serka Anumerta Iskandar

Herman Deru Sebut Gajah yang Menginjak Babinsa di OKI Lagi Masa BerahiUnsplash.com/LiliKoslowksi

Sementara, Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) II Sriwijaya, Kol Inf Djohan Darmawan membenarkan, ada kenaikan pangkat kepada Serka Anumerta Iskandar, karena yang bersangkutan gugur saat menjalankan tugas.

"Pangdam II Sriwijaya memberikan penghargaan kepada Almarhum berupa kenaikan pangkat dari Sersan Satu menjadi Sersan Kepala Anumerta Iskandar," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya