Comscore Tracker

Gudang Plastik Terbakar, Api Sambar Dua Rumah Petinggi Polisi 

Muncul beberapa kali ledakan besar yang membuat warga panik

Palembang, IDN Times - Besarnya suara ledakan yang muncul dari gudang penggilingan plastik di Jalan Kolonel Sulaiman Amin (Talang Buruk), Kelurahan Karya Baru, Kecamatan Alang-alang Lebar, Palembang, Jumat (20/9) siang, membuat warga sekitar panik dan heboh.

Diduga, ledakan besar yang terjadi beberapa kali di area seluas 4.000 meter yang mengalami kebakaran tersebut, muncul dari kendaraan yang juga ikut termakan api. 

Kepulan asap hitam dari sumber kebakaran yang menyeruak ke udara, sempat membuat aktivitas lalu lintas di Jalan Kolonel H Berlian yang berdekatan dengan lokasi, sedikit terganggu. Karena, sebagian pengendara yang melintas sempat menepi dan mengabadikan kebakaran tersebut dengan telepon seluler (ponsel) mereka.  

Cepatnya api yang menjalar tersebut, mengakibatkan lima rumah bedeng yang didiami karyawan setempat dan rumah pemilik pabrik penggilingan plastik tersebut hangus terbakar. Bahkan, si jago merah itu juga meludeskan satu truk, dan tiga alat berat. Bahkan, kobaran api dari kebakaran itu menyambar ke rumah mantan Kapolres OKU Timur dan Kapolresta Jambi yang berada di komplek Arofatuna. 

1. Kejadian bermula akibat salah satu karyawan tengah membakar sampah

Gudang Plastik Terbakar, Api Sambar Dua Rumah Petinggi Polisi IDN Times/Rangga Erfizal

Informasi yang didapat IDN Times di lokasi, kejadian kebakaran itu bermula pada pukul pukul 14.30 WIB, saat seorang pegawai gudang lagi membakar sampah di sekitar lingkungan gudang. Pada saat bersamaan, mesin penggiling yang lagi beroperasi tersambar api, sehingga mengakibatkan ledakan yang terdengar cukup besar dan mengegerkan warga setempat.

"Pegawainya tinggal di dalam gudang semua, di sana ada lima bedeng dan satu rumah. Informasinya tadi ada pegawainya yang membakar sampah," ujar Ketua RT 3, Sukni, Jumat (20/9).

Gudang barang bekas tersebut, diketahui milik Didi Kotan, pengusaha pengelolaan plastik bekas. Pada bagian dalam komplek pergudangan itu ada satu unit rumah dan lima bedeng yang ditinggali oleh para pegawainya. "Pegawainya sekitar 10 orang, dan saat kebakaran sudah tidak ada lagi, " ujar dia.

2. Ledakan sempat gegerkan warga

Gudang Plastik Terbakar, Api Sambar Dua Rumah Petinggi Polisi IDN Times/Rangga Erfizal

Sukni mengungkapkan, kebakaran yang menghanguskan gudang tersebut berlangsung cepat. Petugas pemadam kebakaran sempat kewalahan mematikan api agar tidak menyambar ke wilayah perumahan di sekitar.

Namun, belum diketahui apakah ada atau tidak korban jiwa dari kejadian itu. "Tadi sempat meledak beberapa kali, mungkin karena mobil yang meledak tadi," ungkap Sukni.

Baca Juga: Momen Karhutla, Herman Deru: Jangan Ambil Panggung Salahkan Gubernur

3. Polisi belum bisa tafsirkan kerugian akibat kebakaran

Gudang Plastik Terbakar, Api Sambar Dua Rumah Petinggi Polisi IDN Times/Rangga Erfizal

Sementara, Kapolsek Sukarami Palembang, Kompol Rivanda mengatakan, saat ini piahknya masih melakukan penyelidikan mengenai penyebab kebakaran tersebut. Tujuh unit mobil pemadam kebakaran berusaha memadamkan api yang masih menyala.

"Informasi yang didapat, gudang plastik ini milik seseorang bernama Didi. Kita belum tahu terbakarnya karena apa, karena nanti akan dilakukan olah TKP dulu," jelas Rivanda, seraya menandaskan, pihaknya belum bisa menaksir kerugian dari terbakarnya gudang tersebut.

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Sidratul Muntaha

Just For You