Gubernur Sumsel Herman Deru Lepas 2.020 Orang Pemudik 

Mudik dengan transportasi publik mencegah kemacetan di jalan

Palembang, IDN Times - Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel), Herman Deru, melepas 19 bus yang membawa pemudik kembali ke kampung halaman. Program mudik gratis yang digagas Pemprov Sumsel itu berangkat meninggalkan Bumi Sriwijaya menuju beberapa daerah di Pulau Sumatra dan Pulau Jawa.

"Program ini tidak lain untuk memfasilitasi para pemudik yang akan pulang ke kampung halaman secara gratis. Selain gratis, program ini juga sangat efisien menghemat waktu dan mengurangi kemacetan," ungkap Deru, Rabu (19/4/2023).

Baca Juga: Muhammadiyah Salat Id Hari Jumat, Catat 17 Lokasinya di Palembang

1. Pemprov Sumsel siapkan 19 bus

Gubernur Sumsel Herman Deru Lepas 2.020 Orang Pemudik Program mudik gratis Pemprov Sumsel (Dok: Polda Sumsel)

Pada lebaran tahun ini, Pemprov Sumsel menyediakan 19 bus yang terdiri dari, 12 bus antar kota dan kabupaten di Sumsel. Tujuh bus lainnya melayani rute antar pulau dan provinsi.

Rincian bus yang dilepas Deru yakni tiga bus dengan tujuan Palembang-Lahat-Pagaralam-Pendopo. Palembang-Lahat-Tebing Tinggi sebanyak dua bus, Palembang-Sekayu-Lubuk Linggau-Muratara tiga bus, Palembang-Kayuagung-Blitang-Muara satu bus, dan Palembang-Muara Enim-Baturaja-Martapura-Muara Dua sebanyak tiga bus.

Kemudian untuk antar provinsi dengan rincian Palembang-Amplas Medan sebanyak satu bus. Palembang-Padang Sidempuan sebanyak satu bus, Palembang-Bukit Tinggi sebanyak satu bus, Palembang-Solok-Lubuk Basung sebanyak satu bus, dan Palembang-Terminal Tirtonadi Solo sebanyak tiga bus.

"Dari partisipasi kecil kita bisa melihat manfaatnya, apalagi program mudik gratis kita ini bukan sekadar aspek lalu lintas, tapi tepat waktu dan jaminan, bahkan ada penumpang mendapatkan asuransi," jelas dia.

Baca Juga: 9.000 Kendaraan Masuk Palembang, Didominasi Pemudik dari Pulau Jawa

2. Mudik dengan transportasi kurangi tingkat kecelakaan

Gubernur Sumsel Herman Deru Lepas 2.020 Orang Pemudik Gubernur Sumsel Herman Deru melepas pemudik kembali ke kampung halaman (Dok: Polda Sumsel)

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumsel, Ari Narsa mengatakan, mudik gratis merupakan fasilitas kepada masyarakat yang membutuhkan kendaraan ke kampung halaman untuk lebaran bersama keluarga.

"Program kita ini bisa mengurangi tingkat kecelakaan kendaraan, khususnya sepeda motor. Sehingga dapat menciptakan keamanan dan ketertiban berlalu lintas," terang dia.

3. Pemprov Sumsel gunakan bus dan kereta api untuk program mudik

Gubernur Sumsel Herman Deru Lepas 2.020 Orang Pemudik Gubernur Sumsel melepas pemudik pulang kampung lewat program mudik gratis (Dok: Polda Sumsel)

Dirinya menuturkan, mudik gratis merupakan tahun kedua. Pada tahun lalu, mudik gratis tanpa menggunakan transportasi kereta api.

"Dari data yang kita terima untuk penumpang bus ada sebanyak 748 orang (472 orang dalam provinsi dan 276 orang di luar provinsi), sedangkan penumpang kereta api sebanyak 1.272 orang," beber dia.

Baca Juga: Angkutan Barang Dilarang Lewat Jalur Lintas Timur Palembang-Jambi

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya