Empat Lawang Zona Hijau, Tak Ada Pasien Aktif COVID-19

Satgas masih menunggu hasil swab PCR pasien reaktif antigen

Empat Lawang, IDN Times - Kabupaten Empat Lawang menjadi satu-satunya wilayah tanpa kasus konfirmasi positif aktif di Sumatra Selatan (Sumsel) mulai hari ini, Rabu (16/6/2021). Pasien terakhir yang dinyatakan positif beberapa waktu lalu, sudah mendapatkan perawatan dan sembuh dari hasil Polymarese Chain Reaction (PCR). Dengan begitu, Empat Lawang menjadi status zona hijau di wilayahnya.

"Memang untuk zona hijau yang dikeluarkan itu hanya untuk internal kabupaten saja, menandakan tidak ada kasus aktif di wilayah per kecamatan. Sehingga saat tidak ada kasus aktif akan kita turunkan menjadi hijau seperti sekarang," ungkap Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Empat Lawang, Arga Sena Setiawan kepada IDN Times, Rabu (16/6/2021).

1. Zonasi internal di luar kondisi pusat

Empat Lawang Zona Hijau, Tak Ada Pasien Aktif COVID-19Pedagang yang tidak mengenakan masker melintas, di depan mural yang berisi pesan waspada penyebaran virus Corona, di kawasan Tebet, Jakarta, Selasa (8/9/2020). ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat

Arga menjelaskan, jika zona hijau yang ada saat ini tidak menjadi rujukan secara nasional. Penentuan wilayah zona hijau per wilayah adalah Gugus Tugas Pusat. Menurutnya dalam penilaian pusat, ada beberapa indikator yang dapat dipakai untuk menentukan zonasi.

"Tapi kalau untuk ketentuan zonasi wilayah hijau, kuning, oranye, dan merah, itu ditentukan oleh gugus tugas pusat. Kalau dibilang Empat Lawang zona hijau itu belum benar," jelas dia.

Baca Juga: Transgender di Palembang Bisa Bikin e-KTP di Disdukcapil

2. Gugus Tugas pastikan memantau perkembangan kasus

Empat Lawang Zona Hijau, Tak Ada Pasien Aktif COVID-19Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 melakukan tes cepat COVID-19 (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Menurutnya, pertumbuhan kasus COVID-19 di Empat Lawang terutama pasca lebaran masih terjadi meski tidak signifikan. Pihak Gugus Tugas Empat Lawang terus memantau ke puskesmas setiap kecamatan mengenai proses swab antigen.

Dari hasil pantauan itu, ada tiga kasus konfirmasi positif antigen yang ditemukan. Jika nantinya dinyatakan positif secara PCR, maka status zonasi kembali dinaikkan.

"Pasien-pasien positif antigen itu akan dilanjutkan swab PCR, biasanya kalau dicek hasilnya akan positif," jelas dia.

3. Ada tiga ragam pasien COVID-19 di Empat Lawang

Empat Lawang Zona Hijau, Tak Ada Pasien Aktif COVID-19Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 mengusung jenazah pasien positif COVID-19 di Tempat Pemakaman Umum (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

Untuk kasus aktif COVID-19 di Empat Lawang sejauh ini bervariasi. Ada yang disertai penyakit penyerta sehingga harus menjalani perawatan. Ada juga tanpa gejala dan hanya perlu melakukan isolasi mandiri.

"Kebanyakan usia muda tanpa gejala atau usia muda dengan gejala ringan. Sedangkan komorbit kebanyakan lanjut usia hingga meninggal dunia," beber dia.

4. Empat Lawang satu-satunya wilayah zona kuning di Sumsel

Empat Lawang Zona Hijau, Tak Ada Pasien Aktif COVID-19Petugas kesehatan memakai alat pelindung diri (APD) saat melakukan uji usap pada pekerja konstruksi untuk uji antigen cepat di lokasi konstruksi, ditengah wabah penyakit virus corona (COVID-19), di Ahmedabad, India, Rabu (9/9/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Amit Dave)

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Sumsel, Ferry Yanuar mengatakan, belum ada daerah yang menjadi zona hijau COVID-19 di Sumsel. Dari 17 kabupaten kota, Empat Lawang menjadi wilayah dengan kasus COVID-19 terendah saat ini. 

"Empat Lawang masih zona kuning sampai sekarang. Belum ada wilayah yang menjadi zona hijau," tutup dia.

Selama hampir dua tahun pandemik, kasus konfirmasi positif di Empat Lawang mencapai 120 kasus. Sedangkan untuk kasus sembuh ada 109 kasus dan meninggal dunia 11 orang. 

Baca Juga: Sumsel Mulai Vaksinasi Pra Lansia, Difabel, dan ODGJ

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya