Dua Bayi di Sumsel Berusia 14 Hari Terpapar COVID-19

BBLK Palembang akan tetap beroperasi di hari raya

Palembang, IDN Times - Positif COVID-19 di Sumatera Selatan (Sumsel) bertambah 60 orang hari ini, Selasa (19/5). Dua di antaranya adalah bayi yang baru berusia 14 hari.

Jubir Gugus Tugas Sumsel, Yusri mengatakan, jumlah pasien positif di Bumi Sriwijaya hingga hari ini sudah mencapai 597 orang. 

"Hari ini ada penambahan kasus terbaru sebanyak 60 pasien positif baru. Sehingga total kasus positif menjadi 597 orang pada hari ini," ujar Yusri, Selasa (19/5)

Baca Juga: Warga Keluar-Masuk Palembang saat PSBB, Wako Disebut Tak Tegas 

1. Dua bayi berasal dari Musi Rawas

Dua Bayi di Sumsel Berusia 14 Hari Terpapar COVID-19Petugas dengan APD lengkap bersiap memakamkan jenazah bayi 10 hari dengan protap COVID-19. Twitter.com/Lekday

Yusri mengungkapkan, kasus dua bayi positif berusia 14 hari berjenis kelamin laki-laki asal Musi Rawas. Namun masih ada tujuh anak lain tersebar di beberapa wilayah Sumsel yang terjangkit corona.

"Bayi 14 hari asal Musi Rawas positif COVID-19 rata-rata terpapar dari Ibunya yang sudah dinyatakan positif lebih dahulu. Total ada 3 anak-anak asal Palembang, 1 Prabumulih, 2 Lubuk Linggau, 2 Musi Rawas, 1 Ogan Ilir," ungkap dia.

Baca Juga: Positif di Sumsel Sudah 531 Kasus, Gugus Tugas Anggap Masih Terkendali

2. Kasus sembuh dan meninggal Sumsel bertambah

Dua Bayi di Sumsel Berusia 14 Hari Terpapar COVID-19Tim penanganan jenazah melalui jalan sempit dan rumit di sela-sela bangunan pemakaman, 17 Mei 2020. Dok. Tim Penanganan Jenazah Gugus Tugas COVID-19 Bantul

Sedangkan untuk catatan kasus sembuh yang terjadi, Yusri mengungkapkan, ada penambahan empat orang sehingga total sembuh mencapai 77 orang di Sumsel. Mereka semua berasal dari Kota Palembang.

Lalu untuk pasien meninggal dunia, bertambah menjadi dua orang yakni pasien dengan nomor rawat 348 dan 586, sehingga total ada 18 orang yang sudah dimakamkan karena COVID-19.

"Kasus kematian dua dari Palembang yakni Perempuan 30 tahun dan Laki-laki 53 tahun semuanya dari Palembang. Mereka di makamkan di pemakaman khusus COVID-19 Gandus. Sedangkan untuk penyakit penyerta kami belum terinfokan," tegas dia.

3. Sebaran kasus positif masih seputaran keluarga

Dua Bayi di Sumsel Berusia 14 Hari Terpapar COVID-19Mongabay.co.id

Yusri memastikan operasional Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang dalam memeriksa sampel pasien COVID-19 di Sumsel, akan tetap bekerja meski memasuki hari raya Idulfitri. Gugus tugas masih akan bekerja secara maksimal dalam mendeteksi COVID-19.

"Informasinya kita tetap akan melakukan pemeriksaan sampel terhadap pasien," ujar Yusri.

Sedangkan untuk kasus positif yang terjadi saat ini, Yusri menilai, masih terjadi di keluarga terdekat dari pasien sebelumnya, sehingga pihak gugus tugas masih dapat melacak sebaran kasus positif yang terjadi.

Baca Juga: Palembang Serahkan Rancangan Perwali PSBB, Siapkan Denda Rp10 Juta

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya