Daftar Caleg Dapil Sumsel 1 Berpeluang Menjadi Anggota DPR RI

Ada nama petahana yang lolos untuk kelima kalinya ke Senayan

Intinya Sih...

  • Kahar Muzakar diprediksi lolos untuk kelima kalinya maju dari Partai Golkar
  • Fauzi Amro, caleg Partai Nasdem, merupakan petahana di DPR RI
  • Kartika Sandra Desi, Ketua DPD Gerindra Sumsel, diprediksi kuat mewakili Gerindra ke Senayan

Palembang, IDN Times - Pertarungan caleg DPR RI Daerah Pilih (Dapil) 1 terus mengerucut kebeberapa nama yang dipastikan lolos ke Senayan. Beberapa nama lama dan baru akan mengisi posisi legislator mewakili Sumsel.

Dapil I Sumsel diketahui meliputi enam wilayah, yakni Banyuasin, Muba, Musi Rawas, Muratara, Palembang, dan Lubuk Linggau. Berikut delapan nama legislator dari dapil yang dirangkum IDN Times hingga memiliki kans menuju Senayan.

Baca Juga: 9 Caleg DPR Dapil Sumsel II Berpeluang Besar Lolos ke Senayan

1. Posisi teratas suara terbanyak diraih petahana

Daftar Caleg Dapil Sumsel 1 Berpeluang Menjadi Anggota DPR RIDPR RI menggelar rapat paripurna pembukaan masa persidangan IV tahun sidang 2023-2024 pada Selasa (5/3/2024). (IDN Times/Amir Faisol)

Kahar Muzakar menjadi caleg DPR RI dengan kans terkuat untuk terpilih. Kahar diprediksi akan lolos untuk kelima kali maju dari Partai Golkar. Sedangkan di posisi kedua disusul oleh caleg Partai Nasdem, Fauzi Amro, yang juga merupakan petahana di DPR RI.

Baca Juga: Helmy Yahya Sudah Kantongi 15 Ribu Suara Versi Real Count KPU

2. Ketua DPD Gerindra Sumsel diprediksi mulus ke Senayan

Daftar Caleg Dapil Sumsel 1 Berpeluang Menjadi Anggota DPR RIIlustrasi Gedung DPR RI (andaikata.com/Risky)

Selanjutnya ada nama Kartika Sandra Desi, Ketua DPD Gerindra Sumsel. Kartika yang sebelumnya merupakan Wakil Ketua DPRD Sumsel diprediksi kuat mewakili Gerindra ke Senayan.

Pada posisi keempat ada nama Yulian Gunhar yang berpeluang besar menjadi petahana dan diprediksi mempertahankan posisinya selama tiga periode. Yulian Gunhar diketahui maju dari PDI Perjuangan.

3. Mantan Wali Kota dan Wakil Gubernur melenggang ke Senayan

Daftar Caleg Dapil Sumsel 1 Berpeluang Menjadi Anggota DPR RI(IDNTimes/Kevin Handoko)

Lalu nama mantan Wali Kota (Wako) Lubuk Linggau, SN Prana Putra Sohe, diprediksi meraih suara terbanyak kelima dari PKB. Prana akan menjalani debutnya sebagai legislator usai tak lagi menjabat di Lubuk Linggau.

Selanjutnya ada nama Yudha N Utama. Ia peraih suara kedua terbanyak Partai Golkar, dan diprediksi menjadi satu-satunya partai dengan dua kursi di Dapil Sumsel I.

Kursi ke-7 diprediksi akan direbut caleg dari PKS yang bakal diisi Mohd Iqbal Romzi. Lalu kursi terakhir ada nama Ishak Mekki, petahana terakhir yang diprediksi lolos ke Senayan. Mantan Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel tersebut meraih suara terbanyak kedelapan dari Partai Demokrat.

Baca Juga: Caleg PAN Peraih Suara Terbanyak di PALI Tutup Usia Sebelum Dilantik

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya