Cegah Wabah Covid-19, LRT Palembang Dibersihkan secara Berkala

Penumpang yang tak fit akan diperiksa di tiap poskes stasiun

Palembang, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) III Palembang melakukan pembersihan prasarana Light Rail Transit (LRT) guna mengantisipasi wabah virus corona atau Covid 19.

Pembersihan tersebut dijadwalkan secara berkala, mengingat aktivitas warga yang menggunakan moda transportasi massal ini setiap harinya cukup banyak. Dari data KAI Palembang, tercatat ada sekitar 6.000 hingga 7.000 penumpang yang setiap hari naik LRT.

"Pembersihan kereta ini dilakukan dengan penyemprotan disinfektan pada tempat-tempat yang sering disentuh dan kita lakukan ekstra, waktunya tentatif kita susun. Biasanya tiap malam pascaoperasional. Sekarang saat kereta berjalan juga dilakukan pembersihan berkala," ujar Manajer operasional dan komersial LRT PT KAI Divre III, Sri Miyanto saat ditemui di Stasiun LRT Pasar Cinde Palembang, Rabu (4/3).

1. Setiap stasiun LRT disediakan dua hand sanitizer

Cegah Wabah Covid-19, LRT Palembang Dibersihkan secara BerkalaPembersihan LRT dilakukan untuk antisipasi Corona (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sri Miyanto mengungkapkan, persediaan hand sanitizer juga sudah disediakan pada setiap stasiun LRT, yang letaknya ada di dekat loket pembelian tiket.

"Ya agar memudahkan penumpang untuk membasuh tangannya agar tetap bersih. Kita letakkan di tempat yang memungkinkan mudah terlihat saat penumpang beli tiket, sebelahnya ada sanitizer. Pada 13 stasiun sudah kita sediakan dua hand sanitizer," ungkap dia.

2. Ada posko kesehatan dan petugas medis di setiap stasiun

Cegah Wabah Covid-19, LRT Palembang Dibersihkan secara BerkalaSalah satu penumpang LRT Palembang membasuh tangan dengan hand sanitizer (IDN Times/Rangga Erfizal)

Miyanto menjelaskan, bagi mereka yang sedang tidak fit dan akan dilakukan pemeriksaan, di setiap stasiun LRT ada posko kesehatan (poskes). Pada setiap poskes, ada satu tenaga medis dengan dua shift jaga. Mereka bertugas sejak jam pertama LRT beroperasi pada pukul 06.00 WIB hingga, berakhir pukul 20.32 WIB.

"Kalau kita ada keluhan dari penumpang, akan segera diarahkan petugas untuk diperiksa ke poskes," jelas dia.

3. PT KAI Divre III sudah koordinasi untuk memasang thermal scanner

Cegah Wabah Covid-19, LRT Palembang Dibersihkan secara BerkalaPenggunaan hand sanitizer yang disediakan di lokasi loket LRT (IDN Times/Rangga Erfizal)

Rencananya, papar Miyanto, LRT Palembang juga akan dilengkapi dengan Thermal Scanner untuk mendeteksi penumpang yang sakit. Pihak KAI juga sudah berbincang dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palembang, agar virus tersebut dapat se dini mungkin di antisipasi.

"Kami masih usul kan thermal scanner untuk di pasangkan dalam waktu dekat. Paling tidak di stasiun Bandara," kata dia.

Baca Juga: Tim RSUP MH Palembang Sebut Kondisi Terduga Pasien Covid-19 Membaik 

4. Bagi penumpang yang tidak fit diharapkan gunakan masker

Cegah Wabah Covid-19, LRT Palembang Dibersihkan secara BerkalaPenumpang LRT Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sementara, Humas PT KAI, Aida Suryanti mengatakan, bagi penumpang yang sakit sebaiknya tidak bepergian menggunakan transportasi umum. Hal itu dilakukan demi menghindari hal yang tidak diinginkan.

"Kalau merasa tidak fit, silakan memeriksakan diri ke posko kesehatan. Gunakan masker juga saat bepergian ketika tidak fit. Kami harapkan kesadaran masyarakat," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya