Tim RSUP MH Palembang Sebut Kondisi Terduga Pasien Covid-19 Membaik 

Pasien MY (64) sudah melepas oksigen dan panasnya menurun

Palembang, IDN Times - Kondisi pasien Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Mohammad Hoesin (MH) Palembang, MY (64), warga Prabumulih yang diduga terdampak virus corona seusai pulang umrah dari Arab Saudi pada Selasa (3/3) lalu, mulai membaik.

Ketua Tim Penyakit Infeksi Emerging (PIE) RSUP MH Palembang, dr Zen Ahmad menyatakan, pasien tersebut sudah melakukan tes pertama dan sedang menunggu untuk dilakukan tes yang kedua.

"Saat ini masih menunggu hasil laboratorium paling lama besok. Meski hasilnya belum keluar, kita berharap negatif. Sekarang pasien sedang lakukan tes pemeriksaan kedua. Kondisinya membaik dan sudah melepas bantuan oksigen," ujar dia, Kamis (5/3).

1. Suhu tubuh pasien menurun dari 38 ke 35 derajat

Tim RSUP MH Palembang Sebut Kondisi Terduga Pasien Covid-19 Membaik Ilustrasi ruang isolasi. IDN Times/Feny Maulia Agustin

Zen menuturkan, saat ini kondisi MY menjadi lebih tenang, lantaran demam tinggi sudah turun. Begitu juga dengan suhu tubuhnya yang perlahan kembali normal.

"Kondisi klinis baik, bahkan suhu tubuh pasien dari 38 derajat turun menjadi 35 derajat. Jadi kalau dua kali tes hasil negatif, kita pastikan pasien bebas penyakit dan sembuh. Ini sedang menunggu (hasil), tapi sampel pengecekan sudah ada," tutur dia.

2. Pasien dimungkinkan terkena radang paru-paru

Tim RSUP MH Palembang Sebut Kondisi Terduga Pasien Covid-19 Membaik Ruang isolasi di RSMH Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Zen menjelaskan, awalnya pasien MY ini memang di diagnosa mers covid. Namun perlu diperhatikan, mers covid berbeda dengan covid-19 (corona). Kalau mers covid ini biasa terjadi setelah orang pulang dari Arab Saudi.

"Dengan suhu yang menurun, kita juga sudah ambil sampel air liur atau dahak dan memperhatikan gejala, serta menunjukkan indikasi laboratorium pasien terkena infeksi bakterial, dan kemungkinan radang paru-paru. Semoga hasilnya terbukti negatif," jelas dia.

Baca Juga: Jadi Rujukan Pasien Corona, RSUP MH Palembang Tambah Ruang Isolasi

3. RSUP MH Palembang terima satu pasien tambahan rujukan dari RS Hermina

Tim RSUP MH Palembang Sebut Kondisi Terduga Pasien Covid-19 Membaik Tim dokter PIE di RSMH Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Zen melanjutkan, setelah pasien MY perlahan membaik, masuk lagi satu pasien tambahan yang juga baru pulang umrah, rujukan dari Rumah Sakit Hermina Palembang, atas nama F (77), warga Palembang, dengan gejala yang sama, yakni gangguan saluran pernapasan.

"Sama seperti MY, setelah pulang umrah ada gangguan saluran napas. Kita sudah lakukan tes radiologi paru-paru sesuai SOP. Saat ini ibu F di tempat yang sama dengan MY di kamar berbeda, sementara masih diisolasi. Jadi ada dua pasien sedang dalam pengawasan," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya