Cegah virus Corona, Bandara SMB II Palembang Pasang Thermal Scaner

Alat untuk membaca suhu tubuh secara computerized

Palembang, IDN Times - Bandara Sultan Mahmud Baddarudin (SMB) II Palembang kembali memasang Thermal Scanner, alat untuk membaca suhu tubuh penumpang di dekat pintu kedatangan. 

Pemasangan Thermal Scanner tersebut untuk mencegah peredaran virus Corona yang cepat berkembang di wilayah Indonesia.

"Saat penumpang turun dari pesawat, suhu tubuh yang tidak normal dari biasanya akan terlihat. Dari sana akan terdeteksi," ujar General Manager Bandara SMB II Palembang Fahroji, Rabu, (22/1).

1. Thermal Scanner mendeteksi secara computerized dan langsung di tracking

Cegah virus Corona, Bandara SMB II Palembang Pasang Thermal ScanerThermal Scanner ditempatkan di pintu kedatangan Internasional bandara SMB II (IDN Times/Rangga Erfizal)

Fahrozi menjelaskan, pihak bandara sudah berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk keamanan di bandara, sekaligus mengawasi penumpang dari luar negeri yang masuk ke Palembang. Apalagi, seminggu terakhir virus yang menghebohkan  menyebar dari dataran China itu cepat sekali menular.

"Jadi Thermal Scanner ini mendeteksi secara computerized dan langsung di tracking. Jadi terkait suhu tubuh para penumpang akan muncul di komputer," jelas dia.

2. Terdeteksi virus Corona, pihak bandara akan menahan penumpang

Cegah virus Corona, Bandara SMB II Palembang Pasang Thermal ScanerPetugas memperhatikan alat Thermal Scanner (IDN Times/Rangga Erfizal)

Kemudian, ungkap Fahrjoi, bila ada penumpang yang bermasalah terhadap kesehatannya, pihak bandara tidak segan menahan atau mengembalikan penumpang tersebut ke negara asal, jika yang bersangkutan merupakan pelancong.

"Jika tidak terdeteksi Virus Corona akan kami pulangkan namun jika terdeteksi maka akan kami kirim ke rumah sakit Muhammad Hoesin Palembang sebagai rumah sakit rujukan untuk penyakit menular," ungkap dia.

Baca Juga: Frekuensi Penerbangan di SMB II Palembang Capai 120 Kali per Hari  

3. KKP tetap lakukan pengawasan sesuai SOP

Cegah virus Corona, Bandara SMB II Palembang Pasang Thermal ScanerBandara SMB II Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sementara, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palembang, Amelia menuturkan, sejauh ini pihaknya belum menemukan kejanggalan dari penumpang internasional. Meski demikian, pihaknya tetap mengantisipasi dengan memberlakukan Standar Operasional Prosedur (SOP).

"Baik awak kapal dan penumpang semuanya tidak ada ada terdeteksi wabah penyakit tertentu yang menular," tandas dia.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topik:

  • Sidratul Muntaha
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya