Frekuensi Penerbangan di SMB II Palembang Capai 120 Kali per Hari  

Jelang Natal dan Tahun Baru, mulai 20 Desember

Palembang, IDN Times - Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (nataru) 2019-2020, frekuensi penerbangan di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang dalam satu hari bisa mencapai 120 kali keberangkatan dan kedatangan baik domestik maupun internasional.

"Kita prediksi melonjak pada 20 Desember, tetapi kita sudah menyiapkan frekuensi angkutan dari pantauan layanan informasi sejak awal bulan Desember. Kemudian pada 19 Desember-6 Januari 2020, kita stay untuk posko layanan terpadu dengan Angkasa Pura II dan instansi lainnya," kata General Manager AirNav Cabang Palembang, Ari Subandrio, Kamis (12/12) di Santika Hotel Palembang.

1. Hari normal, penerbangan dari Bandara SMB II Palembang ada 18 destinasi

Frekuensi Penerbangan di SMB II Palembang Capai 120 Kali per Hari   General Manager AirNav Cabang Palembang Ari Subandrio (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ari mengungkapkan, biasanya pada hari-hari normal di luar weekend dan libur panjang, dalam satu hari Bandara SMB II Palembang dilintasi jadwal penerbangan dari 18 destinasi lokasi domestik dan internasional.

"Rata-rata penerbangan sehari ada 18 destinasi di bulan biasa, kalau sudah waktu libur panjang bisa meningkat 2 kali lipat. Mulai dari penerbangan domestik dan penerbangan internasional secara keseluruhan," ungkap dia.

2. Memasuki libur nataru AirNav pantau 38 titik domestik di 7 bandara internasional

Frekuensi Penerbangan di SMB II Palembang Capai 120 Kali per Hari   General Manager AirNav Cabang Palembang Ari Subandrio (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ari menjelaskan, pihaknya memprediksi menjelang nataru nanti frekuensi penerbangan yang diprediksi melonjak. Namun dari pihak AirNav sudah memantau aktivitas penerbangan di 38 titik domestik dan di 7 bandara internasional.

"Semua jadwal dan waktu penerbangan di Bandara SMB II kita pantau, termasuk aktivitas yang ke luar negeri baik yang transit dan terbang langsung ke tujuan destinasi," jelas dia.

3. Lonjakan penerbangan di Bandara SMB II paling tinggi di kisaran 5 persen

Frekuensi Penerbangan di SMB II Palembang Capai 120 Kali per Hari   General Manager (GM) Bandara SMB II Palembang dan Angkasa Pura II Fahroji (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sementara, General Manager (GM) Bandara SMB II Palembang dan Angkasa Pura II, Fahroji menuturkan, traffict penerbangan yang meningkat membuat beberapa maskapai menambah jadwal penerbangan, salah satunya pesawat Nam Air.

"Tanggal 20 Desember Nam Air tambah penerbangan sekali terbang ke Lampung, Bandung dan Lubuklinggau. Maskapai lain belum ada info terbaru. Penambahan jadwal terbang ini juga pengaruh dari prediksi bertambahnya kepadatan keberangkatan. Mungkin paling tinggi meningkat lonjakan hingga 5 persen," tutur dia.

Baca Juga: Pengamanan Nataru, Bandara SMB II Palembang Dirikan Posko Terpadu

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini
http://onelink.to/s2mwkb

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya