Cegah Karhutla Siapkan Rp37 M, Gubernur Sumsel: Saya Tantang Kabupaten

Pemprov Sumsel siapkan tim verifikasi program kabupaten

Palembang, IDN Times - Tahun 2020 ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) bakal mengeluarkan anggaran sebesar Rp37 miliar dari ABPD untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di 9 kabupaten/kota.

"Setiap terjadi karhutla selalu 90 persennya karena ulah manusia, ini ada konsekuensi. Saya tantang kabupaten, saya siapkan lima miliar untuk satu kabupaten, langsung saya gelontor kan," tegas Gubernur Sumsel, Herman Deru, Selasa (10/3).

1. Ada tim verifikasi yang menilai tiap-tiap program kabupaten

Cegah Karhutla Siapkan Rp37 M, Gubernur Sumsel: Saya Tantang KabupatenSosialisasi penegakkan hukum pembakar karhutla (IDN Times/Rangga Erfizal)

Herman Deru mengungkapkan, sembilan kabupaten yang bakal diberi kucuran dana tersebut, yakni OKI, OI, MUBA, Banyuasin, Muaraenim, Mura, Muratara, Pali, dan OKU. Hanya saja, perlu keseriusan bagi daerah untuk mengajukan program yang akan dijalankan.

"Diajukan ke pemprov, nanti kita punya tim verifikasi melihat apa programnya. Mau beli apa, buat apa untuk pencegahan kebakaran hutan di wilayah itu. APBD sudah disiapkan," ungkap dia.

2. Pemprov Sumsel klaim sudah menyiapkan strategi pencegahan karhutla

Cegah Karhutla Siapkan Rp37 M, Gubernur Sumsel: Saya Tantang KabupatenKebakaran hutan dan Lahan di Sumsel tahun 2019 (IDN Times/BNPB)

Mantan Bupati OKU Timur dua periode itu mengingatkan, pada tahun 2020 ini Pemprov Sumsel sudah punya beberapa strategi, mulai dari mengevaluasi antar sektor perkebunan dan menetapkan status siaga lebih awal sesuai prediksi BMKG.

"Ada juga pembuatan sodetan sungai di wilayah Ogan Ilir," kata dia.

Baca Juga: Kasus Karhutla Sumsel 2019, Baru 3 Perusahaan Dinyatakan Inkracht 

3. siaga karhutla 2020, Pemprov Sumsel siapkan 20 pesawat

Cegah Karhutla Siapkan Rp37 M, Gubernur Sumsel: Saya Tantang KabupatenHeli water bombing lakukan pemadaman karhutla di Sumsel (IDN Times/Rangga Erfizal)

Herman Deru melanjutkan, potensi karhutla bisa saja terjadi pada 1,4 juta Hektare (Ha) lahan gambut di Sumsel. Untuk itu, dirinya ingin masyarakat dan semua pihak harus paham persoalan mendasar mengenai kondisi penyebab karhutla.

"Tahun ini di prediksi kemarau dan kekeringan akan terjadi di Sumsel. Kita akan mengerahkan water bombing dengan menggunakan 12 helikopter, 2 pesawat Cessna Caravan, 6 pesawat TMC dan 106.494.00 liter air," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya