Bupati Ilyas Positif COVID-19, Puluhan Orang Jalani Swab

Kasus aktif COVID-19 di Ogan Ilir ada 30 orang

Indralaya, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Pemkab Ogan Ilir (Pemkab OI) langsung bergerak cepat melakukan tracing terhadap orang-orang yang melakukan kontak dengan Bupati Ilyas Panji Alam, setelah dirinya dinyatakan positif COVID-19.

"Kita mulai melakukan tes di gedung Pendopoan Komplek Perkantoran Terpadu Tanjung Senai hari ini," ungkap Kepala Diskominfo OI yang juga Jubir Satgas COVID-19 setempat, Wahyudi kepada IDN Times, Selasa (28/7/2020).

1. Mereka yang kontak erat dengan bupati dilakukan swab

Bupati Ilyas Positif COVID-19, Puluhan Orang Jalani SwabTes swab yang dilakukan pemkab OI (IDN Times/Kominfo OI)

Wahyudi menilai, langkah pemeriksaan itu dilakukan untuk memutus penyebaran dan penularan kasus COVID-19 di OI. Menurutnya, siapa saja dapat tertular virus dari kontak fisik orang-orang terdekat.

"Yang kontak erat (ASN dan Pekerja) dengan Bupati wajib ikut tes swab," ujar dia.

Baca Juga: Pemkab OI Masih Menelusuri Asal Bupati Ilyas Terpapar COVID-19 

2. Kondisi Bupati Ilyas Panji dikabarkan sehat dan menjalani isolasi mandiri

Bupati Ilyas Positif COVID-19, Puluhan Orang Jalani SwabBupati Ogan Ilir, Ilyas Pandji mengumumkan dirinya terpapar COVID-19 (IDN Times/Kominfo OI)

Wahyudi mengungkapkan, Bupati Ilyas Panji sudah menjalani isolasi mandiri di Rumah Dinas di kawasan Indralaya. Menurutnya, Ilyas saat ini dalam kondisi sehat.

"Bapak dalam kondisi sehat dan menjalani isolasi mandiri untuk memutus rantai penyebaran," jelas dia.

3. Kasus positif aktif di Ogan Ilir mencapai 30 orang

Bupati Ilyas Positif COVID-19, Puluhan Orang Jalani SwabIlustrasi rapid test (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Bupati OI, Ilyas Panji dinyatakan positif, Senin (27/7/2020) pagi. Dirinya mengumumkan kepada awak media di Rumah Dinas. Dari keluarganya, Ilyas mengaku hanya ia yang terpapar dan belum mengetahui kapan dan dari mana terpapar.

"Kita tidak tahu siapa dan kapan akan terkena virus ini. Saya cek positif, istri saya tidak. Masyarakat hati-hati karena virus ini bisa kena siapa saja," tutup dia.

Hingga hari ini, kasus sebaran COVID-19 di wilayah OI mencapai 112 orang, 78 sembuh dan empat orang meninggal dunia. Total masih ada 30 orang yang masih menjalani perawatan dan isolasi mandiri.

Baca Juga: Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam Umumkan Dirinya Positif COVID-19

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya