Bupati Empat Lawang, Istri, dan Sopir Terkonfirmasi Positif COVID-19 

Joncik dirawat di Palembang, istri lakukan isolasi mandiri

Palembang, IDN Times - Bupati Empat Lawang, Sumatra Selatan (Sumsel), Joncik Muhammad beserta istrinya, Heffi Safriana Joncik, terpapar COVID-19 usai dilakukan swab test. Kabar tersebut dibenarkan oleh Gugus Tugas Empat Lawang mengenai kondisi keduanya.

"Hasil swab Pak Bupati keluar pada 10 November lalu dengan gejala ringan. Sedangkan istri pada 11 November dengan status Orang Tanpa Gejala," jelas Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Empat Lawang, Arga Sena Setiawan, Jumat (13/11/2020).

1. Bupati isolasi di salah satu RS Palembang

Bupati Empat Lawang, Istri, dan Sopir Terkonfirmasi Positif COVID-19 Rumah sakit Siloam Sriwijaya Palembang. (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sang bupati beserta istri harus beristirahat dari semua kegiatan dan menjalankan prosedur protokol kesehatan. Menurut Arga, sejauh ini pihaknya masih terus melakukan tracing. Sebab Joncik dianggap tidak memiliki riwayat pernah bertemu orang yang terpapar.

"Pak Bupati sedang menjalani isolasi di rumah sakit Siloam Sriwijaya Palembang. Sedangkan ibu isolasi mandiri," jelas dia.

Baca Juga: [BREAKING] Pecah Rekor Lagi, Kasus COVID-19 Tambah 5.444 Hari Ini

2. Gugus tugas lakukan tracing ke orang terdekat Bupati

Bupati Empat Lawang, Istri, dan Sopir Terkonfirmasi Positif COVID-19 Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 melakukan tes cepat COVID-19 (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Arga menjelaskan, pihaknya juga sudah melakukan pemeriksaan ke orang terdekat dari sang Bupati. Sejauh ini pula, pihaknya memastikan baru dua orang yang terpapar COVID-19 yakni Istri dan sopir.

"Baru dua yang juga terpapar, kita masih melakukan tracing sambil menunggu hasilnya," jelas dia.

3. Empat Lawang wilayah transmisi lokal

Bupati Empat Lawang, Istri, dan Sopir Terkonfirmasi Positif COVID-19 Ilustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Arga juga menambahkan, total sudah ada 128 orang yang telah dilakukan tracing. Mereka ikut didata dan diperiksa karena memiliki riwayat dekat dengan sang Bupati. Arga mengatakan virus COVID-19 dapat menulari siapa saja, apa lagi wilayah Empat Lawang saat ini sudah menjadi daerah penyebaran virus.

"Mengingat di Empat Lawang sendiri sudah transmisi lokal. Tidak semua yang di-tracing dilakukan swab," jelas dia.

Sudah ada 72 kasus konfirmasi positif corona di Empat Lawang, dengan status wilayah zona oranye. Satgas kembali mengingatkan masyarakat untuk terus mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan.

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: Hubungan Pelik Pasutri Palembang: Saling Selingkuh Berujung Bui 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya