Bulog Sumsel-Babel: Natal dan Tahun Baru Stok Daging dan Sembako Aman

Bulog jamin tidak ada kenaikan harga secara signifikan

Palembang, IDN Times - Kepala Badan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Sumsel-Babel, Ali Ahmad Najih Amsari memastikan, menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) stok persediaan daging dan sembilan bahan pokok (sembako) aman dan tidak akan ada kenaikan harga.

"Stok daging aman, baik dari kebutuhan maupun permintaan. Untuk harganya relatif belum ada kenaikan," ujar dia, Kamis (12/12).

1. Harga daging dan beras di Sumsel-Babel masih bisa dikendalikan

Bulog Sumsel-Babel: Natal dan Tahun Baru Stok Daging dan Sembako AmanKabulog juga menjamin harga bahan pokok terutama beras dan daging aman (IDN Times/Rangga Erfizal)

Menurut Ali, momen Natal dan Tahun Baru ini tidak seperti puasa dan hari raya lebaran. Karena stok daging beku dan segar yang ada sudah mencukupi, jadi tidak ada penambahan. Kalau untuk harga daging beku asal India, bulog mematok Rp80.000 per kilogram, sedangkan daging segar di kisaran Rp110.000.

"Untuk harga dan stok beras juga kami jamin aman hingga 8 bulan ke depan. Harga beras medium dihargai Rp8.900 per kilogram dan premium Rp11.000. Tahun ini harga beras lebih rendah dari periode yang sama di tahun sebelumnya," ujar dia.

2. Stok daging dan sembako aman karena distribusi selalu tepat waktu

Bulog Sumsel-Babel: Natal dan Tahun Baru Stok Daging dan Sembako AmanKabulog Divre Sumsel Babel pastikan ketersedian pangan aman (IDN Times/Rangga Erfizal)

Ali menerangkan, amannya semua kebutuhan daging dan sembako untuk wilayah Sumsel-Babel ini, karena distribusi yang tepat waktu, hingga harga dapat ditekan. Pihak bulog juga terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menjaga ketersediaan stok di pasaran.

"Kita juga menggelar operasi pasar murah di Palembang secara terus menerus sepanjang tahun, tidak pada momen hari besar saja," terang dia.

Baca Juga: Pantau Komoditi ekspor, Disperindag Sumsel Jalankan Quality Control

3. Disdag Sumsel terus berkoordinasi dengan Bulog Divre Sumsel-Babel

Bulog Sumsel-Babel: Natal dan Tahun Baru Stok Daging dan Sembako AmanKepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumsel, Iwan Gunawan (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan Sumsel, Iwan Gunawan mengatakan, selama ini pihaknya selallu berkoordinasi dengan Bulog Divre Sumsel-Babel untuk memastikan harga bahan pokok tidak naik. 

"Untuk stok beras, sudah kita koordinasikan dan hasilnya aman. Stok tersedia, masyarakat tidak usah khawatir. Juga soal harga. Dari pantauan tim kita di lapangan, harga beras di pasaran masih di bawah HET," tandas dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini
http://onelink.to/s2mwkb

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya