Besok PSL di Palembang, Tak Ada Honor Tambahan Petugas KPPS

Masa tugas KPPS berlaku satu bulan sejak 25 Januari 2024

Intinya Sih...

  • 20 TPS di Kota Palembang akan menggelar tahapan Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) pada 24 Februari 2024.
  • Petugas KPPS tidak mendapat honor tambahan dalam PSL karena masa tugas mereka berlangsung selama satu bulan sesuai SK KPU.
  • Anggaran PSL sama seperti Pemilu sebelumnya, dengan honorarium Rp1,2 juta untuk Ketua KPPS dan Rp1,1 juta untuk anggota KPPS.

Palembang, IDN Times - Sebanyak 20 TPS di Kota Palembang akan menggelar tahapan Pemungutan Suara Lanjutan (PSL), Sabtu (24/2/2024). Dalam PSL tersebut, para petugas KPPS akan kembali bertugas di TPS.

Hanya saja, petugas KPPS tersebut tidak akan mendapat honor tambahan dalam PSL. Hal ini mengacu pada SK dari KPU yang menyebut masa tugas petugas KPPS berlangsung selama satu bulan.

"Untuk honor petugas KPPS di TPS PSL itu tidak ada tambahan karena masa kerja mereka di SK adalah 1 bulan," ungkap Ketua KPU Palembang, Syawaluddin, Jumat (23/2/2024).

Baca Juga: KPU Palembang Jadwal Ulang PSL di 20 TPS pada Sabtu, 24 Februari 2024

1. Honor pemilu hanya diberikan sekali

Besok PSL di Palembang, Tak Ada Honor Tambahan Petugas KPPSPenyaluran logistik dari kelurahan ke TPS (IDN Times/Rangga Erfizal)

Dalam SK pelantikan, petugas KPPS bekerja satu bulan sejak 25 Januari-25 Februari 2024. Sudah ada ketentuan mengenai honorarium sebesar Rp1,2 juta untuk Ketua KPPS.

Lalu Rp1,1 juta diberikan untuk anggota KPPS, dan Rp700.000 untuk petugas Linmas.

"Masa kerja KPPS adalah satu bulan, jadi tidak ada tambahan honor," jelas dia.

Baca Juga: Polrestabes Palembang Terjunkan 2 Polisi Jaga TPS Saat PSL

2. Hanya disiapkan dana untuk TPS

Besok PSL di Palembang, Tak Ada Honor Tambahan Petugas KPPSPemilih disabilitas di Palembang menyalurkan suaranya di TPS 37 (IDN Times/Rangga Erfizal)

Lanjutnya, anggaran PSL sama seperti Pemilu beberapa waktu lalu sebesar Rp4.688.000 per TPS. Tidak ada yang berbeda seperti tenda, cetak, dan konsumsi.

"Anggarannya tidak berbeda, kita juga bangunkan tenda, kebutuhan operasional, dan lainnya," jelas dia.

3. PSL dilaksanakan di hari kesepuluh sesudah pemilu

Besok PSL di Palembang, Tak Ada Honor Tambahan Petugas KPPSPemilihan Umum 2024 di Palembang Sumatra Selatan (IDN Times/Rangga Erfizal)

Diberitakan sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palembang melakukan penjadwalan ulang proses Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) di tiga kecamatan. Penjadwalan ulang tersebut dilakukan setelah sebelumnya KPU menjadwalkan PSU dilakukan 23 Februari 2024 menjadi 24 Februari 2024.

"Penjadwalan ulang ini dilakukan karena dihari Jumat waktunya mepet (terbatas) maka itu kita undur menjadi tanggal 24 hari sabtu nanti," ungkap Syawaludin, Kamis (22/2/2024).

Syawaluddin menjelaskan keputusan perubahan jadwal PSL tersebut berdasarkan surat keputusan KPU Kota Palembang Nomor 416 Tahun 2024. Menurutnya, penjadwalan ulang tersebut tak menyalahi aturan yang ada sebab pelaksanaan PSL dan PSU wajib dilakukan H+10 pemilu.

Pemilihan tanggal 24 Februari 2024 dinilai masih masuk batas ketentuan yang dimaksudkan oleh aturan KPU.

"Waktunya itu 10 hari jadi KPU Palembang masih memiliki waktu 10 hari setelah pencoblosan," jelas dia.

Baca Juga: Oyong Driver Ojol Caleg DPRD Palembang Lapang Dada Tak Terpilih

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya