Bentrok Empat Lawang, Pemprov Sumsel Tunggu Analisis dari Polda  

Kondisi Kota Tebing Tinggi sudah kondusif

Palembang, IDN Times - Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan secara resmi dari kepolisian dan Bupati Empat Lawang, pascakejadian kerusuhan antara warga dan polisi di Tebing Tinggi, Rabu (31/7) malam.

"Tim dari Polda sudah turun, kita harus tahan dulu belum bisa berkomentar, karena kita belum mendapat laporan resmi," ujar Mawardi di Kantor Gubernur Sumsel, Kamis (1/8).

1. Setelah dianalisis baru instruksikan Bupati Empat Lawang

Bentrok Empat Lawang, Pemprov Sumsel Tunggu Analisis dari Polda  Dok.IDN Times/Istimewa

Mawardi mejelaskan, akibat kerusuhan yang menyebabkan delapan orang terluka baik dari pihak kepolisian dan masyarakat, membuat wilayah setempat sempat tidak kondusif, sehingga pihak kepolisian harus berjaga-jaga.

Apalagi, harus menyiagakan 241 personel dari berbagai kesatuan untuk mengamankan wilayah Tebing Tinggi agar tidak terjadi bentrok susulan.

"Kita ingin analisis terlebih dulu, dan harapan kita kasus ini dapat diselesaikan. Kita harus menahan diri dulu lah, kita tidak ingin ada bentrok lagi. Kita akan instruksikan kepada Bupati," jelas Mawardi.

2. Kapolda sudah tinjau lokasi

Bentrok Empat Lawang, Pemprov Sumsel Tunggu Analisis dari Polda  IDN Times/Rangga Erfizal

Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi, saat dikonfirmasi mengatakan, kondisi di Empat Lawang sudah kembali stabil. Bahkan, Kapolda Sumsel, Irjen Pol Firli telah memantau ke lokasi untuk memastikan kondisi di sana sudah aman.

"Iya Kapolda sudah ke Empat Lawang  dan semalam Kapolda juga telah memerintahkan, Karo ops Polda Sumsel dan Dirintel Polda Sumsel dan beberapa pejabat Polda Sumsel lainnya sudah meluncur ke TKP," kata dia.

Baca Juga: Malam Mencekam di Empat Lawang! Bentrok Warga vs Polisi, 8 Luka-luka 

3. Personel tetap disiagakan

Bentrok Empat Lawang, Pemprov Sumsel Tunggu Analisis dari Polda  IDN Times/Rangga Erfizal

Supriadi meanjutkan, untuk personel yang diturunkan juga masih sama seperti yang diturunkan semalam 56 personel dari Polres Lahat, 24 personel dari Polres Lubuklinggau, 41 personel dari Polres Musi Rawas, 45 Personel dari Polres Pagar Alam. Selain itu dikerahkan juga 75 personel dari Brimob Polda Sumsel.

"Petugas akan tetap menjaga di sekitar rumah sakit demi keamanan," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya