Bandara SMB II Palembang Gratiskan Tes GeNose Selama 3 Hari

Hasil tes GeNose langsung terhubung ke aplikasi eHAC

Palembang, IDN Times - Otoritas Bandara Sultan Mahmud Baddarudin (SMB) II Palembang mulai menerapkan uji coba penggunaan alat pendeteksi dini virus COVID-19, GeNose, pada 27-30 Maret mendatang.

Dalam uji coba tersebut, pengelola SMB II bakal membebaskan biaya yang harusnya dikeluarkan oleh calon penumpang selama tiga hari.

"Pelaksanaan uji coba GeNose 27-30 Maret diberikan kepada petugas bandara. Tidak dikenakan biaya atau gratis dengan Kuota 100 orang per hari," ungkap Executive General Manager Angkasa Pura II Bandara SMB II, Tommy Ariesdianto ketika dikonfirmasi IDN Times, Senin (22/3/2021).

1. Ada enam alat GeNose di SMB II

Bandara SMB II Palembang Gratiskan Tes GeNose  Selama 3 HariAlat genose pertama di Sumsel, dioperasikan di RS Bhayangkara Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Tommy menjelaskan, GeNose diharapkan dapat mempermudah proses tracing dan pencegahan penyebaran virus di bandara. SMB II Palembang telah menyiapkan sedikitnya enam alat GeNose yang dapat digunakan untuk memeriksa setiap penumpang.

"Semoga GeNose menjadi salah satu alternatif pemeriksaan COVID-19 untuk penumpang. Semoga pandemik COVID-19 segera Berakhir dan industri aviasi dapat berkembang," jelas dia.

Baca Juga: Pertama di Sumsel, RS Bhayangkara Palembang Gunakan 3 Unit Genose

2. Tarif GeNose akan diterapkan Rp40.000

Bandara SMB II Palembang Gratiskan Tes GeNose  Selama 3 HariKantong udara sedang diproses untuk mendeteksi virus dari pernapasan (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sejauh ini pihak Bandara SMB II Palembang belum menetapkan besaran tes menggunakan GeNose. Namun Angkasa Pura I yang telah melakukannya lebih dulu, sudah mematok harga Rp40 ribu per kali uji.

"Informasi yang kita dapat untuk satu kali tes GeNose Rp40.000. Harganya sama dengan Angkasa Pura (AP) I. Namun kami menunggu informasi selanjutnya," jelas dia.

3. Uji coba GeNose memperhatikan tiga aspek

Bandara SMB II Palembang Gratiskan Tes GeNose  Selama 3 HariSituasi di Bandara SMB II Palembang (IDN Times/Istimewa)

President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin menjelaskan, uji coba GeNose dilakukan untuk memastikan kesiapan tiga aspek keselamatan dan pencegahan penyebaran virus, khususnya di bandara

"Aspek yang harus dipastikan siap adalah manusianya, berapa jumlah personel yang dibutuhkan dan keahlian apa yang harus dimiliki. Lalu kedua SOP dan peta peran dari setiap stakeholder. Kemudian aspek ketiga terkait fasilitas di mana harus ada sarana dan prasarana yang mendukung keamanan," jelas dia.

4. Hasil tes akan terhubung ke aplikasi

Bandara SMB II Palembang Gratiskan Tes GeNose  Selama 3 HariSituasi di Bandara SMB II Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Awaluddin menambahkan, AP II bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes) akan memastikan hasil tes dari GeNose dapat terintegrasi dengan aplikasi eHAC.

“eHAC yang dimiliki oleh Kementerian Kesehatan digunakan sebagai pengawasan pelaku perjalanan, baik di rute domestik dan internasional. AP II dan KKP Kemenkes akan memastikan hasil dari GeNose bisa diinput secara digital ke aplikasi eHAC," tutup dia.

Baca Juga: Persiapan Lebaran, Polda Sumsel Perbanyak GeNose di Pintu Perbatasan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya