Alutsista Minim, Lanal Palembang Segera Tambah Dua Kapal Perang

Perketat siaga wilayah perairan koordinasi yang sangat luas

Palembang, IDN Times - Panglima Komando Armada 1 (Pangkoarmada 1) Laksda TNI, Yudo Margono menyatakan, pihaknya berencana menambah dua kapal patroli di Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palembang.

"Alutsista di Lanal Palembang sangat minim, kita berencana akan menambah dua kapal lagi di sini," ujarnya usai memantau alutsista di Lanal Palembang, Kamis (8/8).

1. Cakupan wilayah koordinasi Lanal Palembang mencapai Jambi dan Sumsel

Alutsista Minim, Lanal Palembang Segera Tambah Dua Kapal PerangDok.IDN Times/Istimewa

Yudo mengungkapkan, saat ini di Lanal Palembang sudah menyiagakan kapal-kapalnya untuk berjaga. Namun, jumlah tersebut dianggap kurang mencukupi dalam mengawasi wilayah perairan yang sangat luas.

Karena, wilayah operasi Lanal Palembang ini mencakup Wilayah luas mengkoordinasikan dua wilayah, yakni Jambi dan Sumsel.

"Sungai Musi ini panjang, apalagi wilayah kerja Lanal Palembang sampai ke Jambi. Dalam waktu dekat ada penambahan kapal perang. Kapal ini akan segera kita datangkan," ungkap dia.

Baca Juga: Gawat! Hanya Empat hari, 78 Hektare Lahan di Sumsel Hangus Terbakar

2. 4 kapal perang dinilai masih belum cukup

Alutsista Minim, Lanal Palembang Segera Tambah Dua Kapal Perang

Saat ini, jelasnya, Lanal Palembang baru memiliki 4 kapal perang, namun jumlah tersebut dianggap tidak cukup. Setidaknya, perlu penambahan 2 kapal lagi untuk mengawal wilayah yang ada.

"Kita sebenarnya sudah ada kapal perang di perbatasan, tetapi itu tidak cukup. Apalagi alutsista di Lanal Palembang ini cukup minim," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya