Ada Tokoh Sumsel di Kabinet Indonesia Maju, Ini Harapan Herman Deru  

Gubernur Sumsel & Ketua DPRD Sepakat majukan Sumsel

Palembang, IDN Times - Masuknya putra terbaik asal Sumatera Selatan (Sumsel) dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju pada pemerintahan Jokowi-Ma'ruf, mendapat apresiasi dari Gubernur Sumsel, Herman Deru. 

Bahkan, bukan hanya Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, Menteri Kelautan dan Perikanan, Edi Prabowo, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. Tapi putra-putri terbaik Wong Kito juga menduduki jabatan strategis di luar Kabinet Indonesia Maju. Seperti Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua BPK RI Agung Firman Sampurna dan Ketua KPK, Firli Bahuri.

"Dengan terpilihnya orang Sumsel di jabatan menteri dan posisi strategis lainnya, kita harap bisa turut membangun Sumsel, dan pembangunan makin ngebut. Ada 7 orang yang mendapat posisi strategis," ujar Herman Deru, Rabu (23/10).

1. Minta pastikan pembangunan, bandara, jalan, dan pelabuhan jadi program strategis

Ada Tokoh Sumsel di Kabinet Indonesia Maju, Ini Harapan Herman Deru  ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Herman Deru mengungkapkan, saat ini beberapa proyek strategis di Sumsel yang harus di kebut adalah pembangunan infrastruktur jalan. Sudah tentu, Deru berharap Wong Sumsel yang memiliki jabatan di pusat dapat membantu pembangunan tersebut agar cepat terlaksana.

"Harapan kita akan ada program baru penambahan bandara, Pak Menhub kan masih menjabat. Lalu pelebaran jalan utama dilebarkan, dan jalan strategis lainnya," ungkap dia.

Selain itu, Herman Deru juga menaruh harapan pada Menteri PUPR, agar beberapa pengerjaan pembangunan akan terus dilanjutkan. Karena ada beberapa proyek pembangunan yang mentok di pusat yang seharusnya dapat terealisasi.

"Memang sempat terjadi gagal tender sebanyak tiga kali. Bila perlu, Menteri PUPR memastikan proyek tidak gagal, kan kasihan masyarakat," jelas dia.

2. Sumsel harus diberikan perhatian lebih

Ada Tokoh Sumsel di Kabinet Indonesia Maju, Ini Harapan Herman Deru  IDN Times/Rangga Erfizal

Sementara, Ketua DPRD Sumsel, RA Anita Noeringhati menyatakan, sangat senang banyak tokoh-tokoh terbaik asal Sumsel terpilih menjadi menteri di kabinet Jokowi-Ma'ruf. Dirinya berharap para menteri ini dapat bekerja dan memberikan perhatian lebih untuk Sumsel.

"Kami sebagai masyarakat perlu perhatian lebih dari pada provinsi lain. Apa yang bisa dilakukan beliau-beliau untuk pembangunan Sumsel," ujar dia.

Baca Juga: Ini Permintaan Gubernur Sumsel di Periode Kedua Pemerintahan Jokowi

3. Berharap dana infrastruktur untuk Sumsel ditingkatkan

Ada Tokoh Sumsel di Kabinet Indonesia Maju, Ini Harapan Herman Deru  IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Kemudian, ungkap Anita mengingatkan, agar program pemerintah pusat nantinya dapat bersinergi dengan daerah secara konkret.

"Kita berikan waktu kepada para menteri untuk duduk dan memahami apa yang akan dilakukan. Yang pasti, dana pemprov untuk infrastruktur akan ditingkatkan," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya