Comscore Tracker

Ada Ruas Tol Bergelombang, Moeldoko: Pengingat Agar Tak Mengantuk

Pemerintah minta stakeholder petakan mitigasi bencana

Palembang, IDN Times - Kondisi Tol Palembang-Kayuagung tak sepenuhnya mulus untuk dilalui pengendara. Di beberapa titik masih ada jalan yang bergelombang sehingga pemudik diminta tak memacu kendaraannya terlalu cepat. 

Di sela-sela tinjauan tol, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan, pengemudi tetap harus waspada mengingat beberapa titik masih ada yang rusak.

"Sepanjang tinjauan ini, tol dari Lampung hingga Palembang sudah lancar. Ada beberapa titik yang bergelombang tapi menurut saya itu tidak masalah karena bisa mengingatkan pemudik agar tidak mengantuk," ungkap Moeldoko, Rabu (26/4/2022).

1. Aktivitas Gunung Anak Krakatau jadi persoalan arus mudik

Ada Ruas Tol Bergelombang, Moeldoko: Pengingat Agar Tak MengantukJalan tol Palembang - Lampung (IDN Times/Rangga Erfizal)

Moeldoko menilai, salah satu yang perlu diwaspadai saat ini justru bukan dari jalan tol yang bergelombang, melainkan aktivitas Gunung Anak Krakatau. Dengan status Siaga III, gunung di Selat Sunda itu sewaktu-waktu bisa erupsi dan mengganggu penyeberangan saat arus mudik berlangsung.

"Yang menjadi persoalan dan sulit dihindari yakni soal Gunung Anak Krakatau," jelas dia.

Baca Juga: GAK Kini Level III Siaga, Bagaimana Penyeberangan Bakauheni?

2. Mitigasi bencana Gunung Anak Krakatau sedang disusun

Ada Ruas Tol Bergelombang, Moeldoko: Pengingat Agar Tak MengantukTim Waskita Sriwijaya Tol dalam peninjauan arus mudik (IDN TIMES/Rangga Erfizal)

Soal Gunung Anak Krakatau, pemerintah pusat telah meminta stakeholder lintas intansi untuk melakukan mitigasi bencana. Wilayah terdekat dari gunung itu, seperti Lampung dan Banten, diminta lebih waspada.

"Kita sudah membahas ini. Jika memang nanti status Gunung Anak Krakatau naik lebih tinggi, maka kita ambil keputusan tidak ada pelayaran baik dari Merak ataupun Bakaheuni," jelas dia.

3. Beberapa rest area disiagakan

Ada Ruas Tol Bergelombang, Moeldoko: Pengingat Agar Tak MengantukJalan tol Palembang - Lampung (IDN Times/Rangga Erfizal)

Menurut Moeldoko baik, pelabuhan Bakauheni maupun Pelabuhan Merak sudah sangat siap untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik. Antisipasi awal jika suatu waktu ledakan anak Krakatau terjadi, maka pemerintah pusat telah menyiapkan beberapa kantong parkir di rest area di wilayah Lampung maupun Banten.

"Bahkan jika memang padat, kami sudah menyiapkan kantong-kantong parkir tambahan di rest area KM 20," kata dia.

Baca Juga: Warning! Gunung Anak Krakatau Naik Status jadi Level 3 Siaga

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya