Ada Demonstrasi Mahasiswa di Palembang, Hindari Jalan dan Titik Ini

Massa demo diprakirakan 3.000 orang dan polisi 1.900 orang

Palembang, IDN Times - Demonstrasi mahasiswa bersama gabungan Ormas pemuda di Palembang, Sumatra Selatan (Sumsel), akan berlangsung hari ini, Senin (11/4/2022). Aksi unjuk rasa diprakirakan dihadiri sekitar 3.000 demonstran.

Unit Lalu Lintas Polrestabes Palembang telah melakukan pengamanan ekstra di kawasan POM IX Palembang, terutama Kantor DPRD Sumsel yang bakal menjadi titik kumpul demonstrasi.

"Masyarakat yang akan melewati jalan POM IX atau kawasan Kampus Palembang, diminta untuk mengahindari jalan tersebut," ungkap Kasatlantas Polrestabes Palembang, Kompol Rendy Surya Aditama.

1. Masyarakat diharapkan sudah paham lokasi demonstrasi

Ada Demonstrasi Mahasiswa di Palembang, Hindari Jalan dan Titik IniDemonstrasi mahasiswa di Simpang Lima DPRD Sumsel (IDN Times/Rangga Erfizal)

Menurut Rendy, pengendara yang melewati kawasan Simpang 5 DPRD Sumsel akan dialihkan ke beberapa jalan di sekitar lokasi. Pertama Jalan A Rivai, Jalan Radial, hingga Jalan Angkatan 45 Palembang.

"Seperti sebelumnya setiap saat demo arus lalu lintas selalu dialihkan. Mungkin masyarakat Palembang juga sudah cukup banyak mengetahuinya," jelas dia.

Baca Juga: Kapolrestabes Palembang Bantah Tertabrak Mobil Saat Demo Mahasiswa

2. Jalur yang dialihkan di Palembang

Ada Demonstrasi Mahasiswa di Palembang, Hindari Jalan dan Titik IniDemonstrasi mahasiswa di Simpang Lima DPRD Sumsel (IDN Times/Rangga Erfizal)

Rendy menambahkan, arus lalu lintas di Jalan Angkatan 45 menuju Jalan Radial dan Simpang 5 DPRD Sumsel tidak bisa langsung dilalui dan akan diarahkan ke RSK Charitas. Begitu pun sebaliknya dari RSK Charitas menuju Jalan POM IX akan diarahkan melalui Jalan Radial.

"Dari Jalan Radial dianjurkan ke arah RS Charitas, dan pengguna kendaraan dari Samsat menuju Jalan POM IX dan ke RSK Charitas harus melewati Jalan Radial," jelas dia.

3. Polisi terjunkan 1.900 personel

Ada Demonstrasi Mahasiswa di Palembang, Hindari Jalan dan Titik Ini

Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi mengatakan, pihaknya menerjunkan 1.900 anggota untuk mengamankan aksi demonstrasi di Bumi Sriwijaya. Anggota yang bertugas terdiri dari 700 personel dari Polda Sumsel, 1.000 persoel Polrestabes Palembang, dan 200 personel yang merupakan SOC (Apel Siaga) dari Polres Ogan Ilir (OI), Polres OKI, Polres Prabumulih, serta Polres Banyuasin.

"Ribuan personel yang diterjunkan. Pola (pengamanan) masih sama seperti aksi beberapa hari lalu. Juga akan ada pengalihan arus lalu lintas selama aksi unjuk rasa berlangsung," ujar Supriadi.

Baca Juga: 3 Mahasiswa di Palembang Terlibat Penimbunan Solar Subsidi 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya