ABK Hilang di Perairan Sungai Musi Ditemukan Meninggal Dunia

Korban terbawa arus sejauh radius 7.49 NM dari lokasi awal

Intinya Sih...

  • Jasad ABK Speedboad 'Semoga Jaya' Zamani (34) ditemukan terbawa arus sampai Palembang setelah tiga hari pencarian.
  • Kepala Basarnas Palembang, Raymond Konstantin, mengungkapkan bahwa korban terbawa arus sejauh radius 7.49 NM dari lokasi awal dilaporkan hilang.
  • Operasi SAR Gabungan dinyatakan selesai setelah korban ditemukan, dan jasadnya dibawa ke rumah duka untuk diserahkan ke pihak keluarga.

Palembang, IDN Times - Usai pencarian selama tiga hari akhirnya jasad ABK speedboad 'Semoga Jaya' bernama Zamani (34) berhasil ditemukan. Korban ditemukan meninggal dunia dan jasadnya terbawa arus dari lokasi awal dinyatakan hilang di perairan Mariana Banyuasin hingga ke arah Jembatan Musi VI Palembang.

"Korban ditemukan di bawah Jembatan Ampera Palembang. Korban terbawa arus sejauh radius 7.49 NM (Mil Laut) dari lokasi awal hilang," ungkap Kepala Basarnas Palembang, Raymond Konstantin, Selasa (/7/2024).

Baca Juga: ABK Speedboat Semoga Jaya Hilang di Perairan Sungai Musi Banyuasin

1. Jasad korban jalani visum di RS Bhayangkara

ABK Hilang di Perairan Sungai Musi Ditemukan Meninggal Duniajasad korban tenggelam di Sungai Musi (Dok< Basarnas Palembang)

Raymond menjelaskan, tim SAR gabungan yang melakukan pencarian langsung mengevakuasi tubuh korban pada Senin (8/7/2024) sekitar pukul 22.19 WIB. Selanjutnya, jasad korban dibawa ke RS Bhayangkara Palembang untuk menjalani visum.

"Setelah itu jasad korban dibawa ke rumah duka untuk diserahkan ke pihak keluarga," ungkap Raymond.

Baca Juga: Speedboat Wisata Terbalik di Sungai Tebing Gerinting, 2 Remaja Tewas

2. Jasad korban diserahkan ke pihak keluarga

ABK Hilang di Perairan Sungai Musi Ditemukan Meninggal Duniaoperasi SAR pencarian orang hilang di Banyuasin (Dok: Basarnas Palembang)

Raymond menjelaskan, pihaknya menerjunkan dua tim melakukan penyisiran di perairan Sungai Musi Palembang. Pada proses pencarian tersebut, pihaknya dibantu tim dari TNI AL, Polairud Polda Sumsel, serta masyarakat.

"Dengan ditemukan korban maka operasi SAR gabungan dinyatakan selesai dan ditutup. Unsur SAR yang terlibat dikembalikan ke satuan masing-masing," jelas dia,

3. Korban dikabarkan hilang sejak Sabtu

ABK Hilang di Perairan Sungai Musi Ditemukan Meninggal Duniaoperasi SAR pencarian orang hilang di Banyuasin (Dok: Basarnas Palembang)

Diberitakan sebelumnya, seorang Anak Buah Kapal (ABK) Speedboat 'Semoga Jaya' bernama Zamani (34) dinyatakan hilang saat kapal yang ditumpangiya mengisi BBM. Korban diduga terjatuh di sungai dan terbawa arus Sungai Musi di kawasan Mariana, Banyuasin, Sabtu (6/7/2024).

"Speedboat tersebut mengisi BBM sekitar 30 menit, setelah selesai nahkoda sempat mencari di sekitar namun tidak ketemu sehingga Zamani pun dilaporkan hilang," ungkap Kepala Basarnas Palembang, Raymond Konstantin, Senin (8/7/2024).

Raymond menerangkan, jika korban menjadi ABK dari kapal yang dinahkodai rekannya Ansori. Speedboat tersebut berangkat dari Dermaga Benteng Kuto Besak (BKB) dengn tujuan Dermaga PT OKI Pulp.

Dalam perjalanan, kapal tersebut behrenti untuk mengisi bahan bakar di salah satu rumah sakit yang berada di kawasan Mariana. Saat itulah, korban tak dapat ditemui kembali.

Baca Juga: Lansia Hilang di Sungai Ogan Ditemukan Mengapung Meninggal Dunia

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya