50 Hari Tanpa Hujan, Ancaman Karhutla di Kabupaten OKI Makin Besar

Bencana kabut asap juga mulai membayangi Kota Palembang

Palembang, IDN Times - Kepala Stasiun Klimatologi Kelas I Sumatra Selatan (Sumsel), Wandayantolis, mengingatkan dampak parah kekeringan akibat kemarau panjang di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Salah satu dampaknya adalah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kondisi tersebut akan berdampak pada peningkatan hotspot (titik panas) dan fire spot (titik api) yang terjadi di seluruh Sumsel.

"Hari tanpa hujan (HTH) di Kabupaten OKI hampir mendekati 50 hari, karena memang di sana sudah tidak lagi terjadi hujan," ungkap Wandayantolis, Sabtu (2/9/2023).

Baca Juga: Kualitas Udara di Padang Mulai Memburuk, Warga Diminta Kenakan Masker

1. Potensi kabut asap menyelimuti Palembang semakin besar

50 Hari Tanpa Hujan, Ancaman Karhutla di Kabupaten OKI Makin BesarKabut Asap menutupi Kota Palembang pagi ini, Jumat (1/9/2023). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Wandayantolis menyebut, peringatan itu telah disampaikan kepada seluruh stakeholder di Sumsel untuk berhati-hati sejak 21 Agustus dan 1 September 2023. Kondisi kekeringan tersebut akan berdampak besar selain karhutla, juga merembet ke potensi bencana kabut asap.

"Kekeringan ini menimbulkan dampak potensi karhutla. Dari laporan yang masuk, Satgas sudah mulai kesulitan karena meluasnya lahan-lahan terindikasi hotspot," jelas dia.

Baca Juga: Eskalasi Karhutla Meningkat, Palembang Waspada Sebaran Kabut Asap 

2. Asap karhutla tertiup ke Palembang

50 Hari Tanpa Hujan, Ancaman Karhutla di Kabupaten OKI Makin Besar(Petugas Manggala Agni saat berupaya memadamkan api di lahan tol Palembang-Kayuagung) IDN Times/istimewa

Berdasarkan pantauan Stasiun Klimatoligis saat ini, curah hujan sangat rendah ditambah bertiupnya angin dari arah Timur Kota Palembang. Kondisi itu menimbulkan penurunan kualitas udara di kota Palembang.

"Kalaupun hujan, hanya terjadi di spot kecil yang kurang signifikan bisa memadamkan hotspot," jelas dia.

3. Kebakaran kecil memantik kebakaran lebih besar

50 Hari Tanpa Hujan, Ancaman Karhutla di Kabupaten OKI Makin Besarilustrasi ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Peringatan kekeringan yang disebabkan El Nino sudah diwanti-wanti BMKG sejak Maret 2023 silam. Kondisi tersebut semakin parah karena El Nino terjadi bertepatan dengan musim kemarau.

"Jangan membakar sekecil apapun, karena dengan udara yang kering akan memudahkan kebakaran meluas," jelas dia.

Baca Juga: Asap Masuk Palembang, Masyarakat Diimbau Pakai Gunakan Masker Lagi

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya