Jadi Rujukan Pasien Corona, RSUP MH Palembang Tambah Ruang Isolasi

Dinkes Palembang pantau 35 warga yang diduga terpapar corona

Palembang, IDN Times - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Mohammad Hoesin (MH) Palembang yang menjadi rumah sakit nasional rujukan penangan virus corona di Indonesia, menambah dua ruang isolasi untuk perawatan pasien.

Menurut Humas RSUP Mohammad Hoesin Palembang, Akhmad Suhaimi, sesuai penetapan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), pihaknya siap bila ada pasien diduga terinfeksi virus Corona. "Kami sudah ada empat ruang isolasi dari sebelumnya ada dua," ujar dia kepada IDN Times, Senin (2/3).

1. Ruang isolasi memiliki fasilitas maksimal dengan sistem ADP

Jadi Rujukan Pasien Corona, RSUP MH Palembang Tambah Ruang IsolasiPetugas kesehatan mengikuti latihan persiapan kemungkinan adanya penumpang yang tiba dengan terinfeksi virus korona di bandara Sofia, Bulgaria, Selasa (25/2/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Dimitar Kyosemarliev

Suhaimi mengungkapkan, selain ada penambahan ruang isolasi, RSUP Mohmmad Hoesin juga menambah tim khusus, yakni Tim Air Borne Disease dengan Ketua Tim dr.Zen Ahmad,Sp.PD, KP.

"Ruang isolasi di ruang borang terletak cukup jauh dari ruangan perawatan pasien dan telah dilengkapi berbagai peralatan seperti negative pressure, rontgen, laboratorium serta alat perlindungan diri (APD) lengkap bagi petugas," ungkap dia.

2. Imbau masyarakat terus terapkan pola hidup sehat

Jadi Rujukan Pasien Corona, RSUP MH Palembang Tambah Ruang IsolasiSituasi ruang isolasi di RSMH Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Suhaimi menjelaskan, setelah warga Indonesia dinyatakan positif terkena virus corona, maka sebaiknya masyarakat Sumsel terutama di Palembang tetap menerapkan pola hidup sehat. 

"Jangan panik, cara terbaik adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, mencuci tangan 6 langkah WHO, makan makanan yang bergizi, istirahat cukup, serta olahraga teratur akan meningkatkan sistem imun dalam tubuh kita, serta selalu waspada dengan memakai masker bila bepergian ke tempat keramaian," jelas dia.

3. Dinkes kota Palembang pantau 35 warga terduga terpapar virus corona

Jadi Rujukan Pasien Corona, RSUP MH Palembang Tambah Ruang IsolasiIlustrasi Virus Corona (IDN Times/Reja Gussafyn)

Sementara, PLT Kadinkes Kota Palembang, dr Ayus menerangkan, saat ini pihaknya sedang memantau 35 warga yang diduga terpapar virus corona. Jumlah tersebut sesuai notifikasi yang diberikan oleh Dinkes Sumsel dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

"saat ini sudah ada 35 yang dalam pemantauan kita, sesuai notifikasi dari KKP/Dinkesprov/RSMH. Kami juga masih memastikan deteksi dini dan respons cepat tindakan screening di pintu-masuk negara, sebagai kewenangan KKP masih dilakukan," terang dia.

Baca Juga: Depok Terkonfirmasi Corona, Dinkes Sumsel Intensifkan Pengawasan

4. Pemantauan dilakukan dengan pendeteksian di RSMH

Jadi Rujukan Pasien Corona, RSUP MH Palembang Tambah Ruang IsolasiSituasi lingkungan di RSMH Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ayus melanjutkan, pemantauan kesehatan dilakukan setiap hari selama 14 hari terhadap pelaku perjalanan, dan dilakukan komunikasi risiko termasuk untuk isolasi diri.

"Langkah lain sebagai lanjutan deteksi adalah melakukan rujukan kasus ke RS rujukan nasional (RSMH), jika dalam pemantauan terdapat gejala pneumonia, serta melakukan sosialisasi terkait penyakit COVID-19 dan cara mencegahnya ke masyarakat baik penyuluhan langsung maupun melalui media sosial," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya