Tahun Ajaran Baru, Beberapa Sekolah di Palembang Izinkan Siswa Datang

Daring dan tatap muka dengan protokol kesehatan

Palembang, IDN Times - Sejumlah sekolah di Palembang mulai melakukan pengenalan sekolah tahun ajaran baru 2020-2021, Senin (13/7/2020). Selain dengan pengenalan melalui jarak jaruh atau online, ada juga sekolah yang mengizinkan siswanya datang.

Menurut Wakil Kepala SMA Negeri 22 Palembang Bidang Kesiswaan, Indra Utama, pihaknya melaksanakan pertemuan awal secara langsung khusus siswa kelas X. Indra mengatakan, pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

"Karena mereka siswa baru dan belum saling mengenal," ujarnya, Senin (13/7/2020).

1. SMA Negeri 22 Palembang terapkan dua sesi

Tahun Ajaran Baru, Beberapa Sekolah di Palembang Izinkan Siswa DatangIlustrasi pengenalan lingkungan sekolah di salah satu sekolah negeri Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Meski mengadakan pengenalan sekolah dengan tatap muka, pihaknya kata Indra menerapkan ketertiban protokol kesehatan COVID-19 sesuai surat edaran yang disetujui Dinas Pendidikan Sumatra Selatan (Disdik Sumsel).

"Tetap disiplin protokol kesehatan yang ketat, namun hanya untuk kelas X saja. Kelas yang lain baik XI dan XII tetap belajar dari rumah. Siswa baru akan sekolah selama tiga hari sesuai hasil rapat kepala sekolah bersama Disdik Sumsel," kata dia.

Selain itu, SMA Negeri 22 Palembang membagi jadwal masuk siswa baru menjadi dua sesi. Pada sesi pertama, siswa masuk pukul 8.00 WIB hingga 9.30 WIB dan dilanjutkan sesi kedua mulai 10.30 WIB hingga 12.00 WIB.

Baca Juga: Minat Seragam Sekolah Turun, Pedagang Bikin Brosur Promosi ke Sekolah

2. SMP Negeri 12 Palembang lakukan pertemuan pengenalan sekolah hanya satu hari

Tahun Ajaran Baru, Beberapa Sekolah di Palembang Izinkan Siswa DatangIlustrasi sekolah dari rumah. IDN Times/Arief Rahmat

Berbeda dengan SMA Negeri 22 Palembang, sistem pengenalan sekolah di SMP Negeri 12 Palembang hanya melakukan pertemuan satu hari dengan melibatkan guru, staf sekolah dan siswa-siswi baru, serta tetap mengikuti Standar Operasional Prosedur (SOP) kesehatan COVID-19.

"Surat edaran dari Dinas Pendidikan (Disdik) Palembang, sekolah melaksanakan sosialisasi kepada guru dan staf. Sebab dalam surat edaran, siswa datang jam 07:00 WIB dan masuk jam 08.00 WIB sampai jam 11.00 WIB. Selanjutnya kegiatan belajar dan mengajar tetap dilakukan di rumah," jelas Kepala SMP Negeri 12 Palembang, Mgs Ahmad Fauzi.

3. SD Negeri 24 Palembang tak bakal beratkan siswa belajar daring

Tahun Ajaran Baru, Beberapa Sekolah di Palembang Izinkan Siswa DatangIlustrasi belajar digitalisasi secara online (IDN Times/Dokumen)

Kepala SD Negeri 204 Palembang, Nuraini menambahkan, pihaknya juga telah menyiapkan skenario kegiatan belajar dan mengajar (KBM) secara daring dengan megupayakan sarana dan prasarana, serta persiapan membantu guru yang tidak bisa menggunakan internet.

Sebab menurutnya, KBM daring harus dipersiapkan matang. Apalagi SD Negeri 204 termasuk dalam sekolah di kawasan ekonomi menengah ke bawah. Oleh karena itu, pihaknya tidak ingin memberatkan siswa.

"Bagi orangtua yang tidak punya Android silakan datang ke sekolah untuk mengambil tugas anaknya. Kita lihat penghasilan orangtuanya. Gurunya nanti yang aktif, dan antara guru dengan orangtua harus berkomunikasi," tambah dia.

Baca Juga: Disdik Sumsel Serahkan Keputusan Masuk Sekolah ke Pemda Setempat

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya